9 Fast Step Up To Build Your Own Business Blog ( Part 2)

Business Blog ini sudah dilakukan oleh para entrepreneur di luar negeri beberapa tahun lalu, dan baru  di terapkan dan mulai ngetrend di Indonesia sejak 2016 lalu.  Oke mari kita mulai membahas 9 Fast Step Up To Build Your Own Business Blog,  yang merupakan ilmu yang di sharing oleh Coach Andhika Wijaya,  seorang business coach di kelas offline SB1M beberapa waktu lalu :

  1. Build Relevant Content

9 Fast Step Up To Build Your Own Business BlogDalam blogging, Content is a King, konten adalah raja. Maka rencanakan membuat konten yang serelevan mungkin dengan tema blog kami. Jika konten kita ngasal, tidak jelas, maka orang akan malas membaca blog kita.

Konsisten dengan topic blog kita, dan yang paling penting kita harus bisa memberikan konten yang memenuhi keinginan dan kebutuhan orang lain, bukan keinginan kita pribadi. Ingatlah prinsip bahwa kita menjual sesuatu yang orang lain butuhkan, bukan sesuatu yang hanya kita ingin jual. Bagaimana jika orang tidak membutuhkan sesuatu yang kita jual ? tugas kita : menimbulkan kebutuhan orang tersebut akan produk yang kita jual 😀 :D.

Jika diperlukan, atau mungkin konten yang kita share sudah tidak relevan, kita diijikan buat buat edit konten, koq. Edit konten tidak akan berpengaruh dengan SEO.

 

  1. Create A Regular Schedule

9 Fast Step Up To Build Your Own Business BlogJika point no 4 diatas sudah kita buat, kan konten-konten sudah kita siapkan. Maka sebaikanya kita menjadwalkan untuk release konten di blog.

Jadwal release konsisten, fungsi nya untuk menaikkan page rank web kita. Jika kita ingin web kita selalu muncul di search engine, maka konten harus selalu kita update, dan pasti sesuai kata kunci.

Tips dari SB1M, untuk bisa selalu ada di no 1 search engine, kita harus release minimal 1000 artikel.

 

  1. Build Your Leads

9 Fast Step Up To Build Your Own Business BlogIngat, kita sedang membangun business blog, bukan hanya blog biasa, tapi blog yang bisa menghasilkan profit. Untuk mendapatkan profit, harus ada penjualan, untuk bisa closing penjualan harus ada yang di follow up, untuk bisa follow up sampai dengan closing berarti kita harus mendapatkan LEADS.

Maka, kita harus menyiapkan kontak form atau opt-in email yang kita letakkan di web. Ada 2 macam list yang harus kita siapkan :

  1. Kontak form untuk Leads , yaitu untuk membangun data base atau leads. Kita harus membuat format, sehingga orang tidak hanya mengisi form tersebut, tapi juga bisa berinteraksi dengan kita.
  2. Kontak form untuk news letter , tujuannnya hanya untuk para subscriber kita bisa mendapat info jika ada update di web kita.

 

  1. Measure & Track Your Blog Progress
9 Fast Step Up To Build Your Own Business Blog
9 Fast Step Up To Build Your Own Business Blog

Segala yang kita lakukan dalam bisnis pastinya harus measurable, atau bisa diukur. Hal ini dimaksudkan sebagai bahan evaluasi kita atas strategi yang sudah kita lalukan, efektif atau tidak bisa terlihat.

Untuk blog kita yang berbasis web, saya sarankan menggunakan paltform wordpress, disamping lebih memudahkan kita, juga terdapat banyak plugin-plugin yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah jetpack yang salah satu fungsinya adalah mempunyai web analytic. Untuk panduan membuat web secara mudah hanya dalam 7 menit, bisa dilihat di http://7menitbikinweb.com

Selain jetpack, kita juga bisa menggunakan google analytic, alexa dan sebagainya. Jika kita manggunaka FB Ads untuk promosi, maka wajib menggunakan pixel fb di web kita agar kita bisa mengukur sampai sejauh mana efektivitas ads yang kita pasang.

 

Info

 

  1. START WRITING!!

9 Fast Step Up To Build Your Own Business BlogKedelapan langkah untuk membangun bisnis blogging diatas, pastinya tidak akan mulai berjalan jika tidak ada konten yang di bagikan.

Maka sekarang START WRITING!!!, mulai menuli,  tulis saja yang mau ditulis, don’t wait!!

Lupakan saja dulu tengang kaidah menulis atau SEO, mulai menulis dan pelajari trik-trik nya sambil jalan.

 

HAPPY BLOGGING !!!

 

Baca juga : 9 Fast Step Up To Build Your Own Business Blog (Part 1)

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: