Batik Priangan Yang Tak Kalah Cantik Dengan Batik Madura

Batik Priangan Yang Tak Kalah Cantik Dengan Batik MaduraBatik Priangan Yang Tak Kalah Cantik Dengan Batik Madura
Batik Priangan Yang Tak Kalah Cantik Dengan Batik Madura

Kalau  ini selama ini  kita kita lebih mengetahui  batik Garut, batik Lasem, batik Gedoq atau batik Madura sebagai batik-batik pesisiran yang mempunyai corak dan warna cantik khas pesisiran, ternyata di Jawa Barat juga memiliki batik yang sangat mempesona, batik Priangan yang tak kalah cantik dengan batik Madura.

Batik Tasikmalaya ini juga sering disebut dengan  batik Priangan. Sentra pembuatan batik Tasikmalaya ini ada di Kampung Ciroyom dan Cigereung, Keluarahan Nagasari, Tasikmalaya. Terdapat beberapa pengrajin di daerah ini yang memproduksi batik secara home industry.
Batik  Tasikmalaya umumnya memiliki ciri khas atau karakter  yang cukup kuat seperti halnya batik-batik khas pesisiran. Batik Tasikmalaya memiliki warna-warnayang cerah, seperti merah, hijau, dan biru.

Untuk motif, batik Priangan sangat terkenal dengan corak flora dan faunanya. Hal ini menggambarkan lingkungan yang ada di tanah Sunda, seperti  anggrek dan burung, merak ngibing (tari), kulit kayu, motif rereng (keserasihan), buah kopi, burung bangau, dan lainnya. Filosofinya adalah untuk selalu menjaga kelestarian alam sekitar.

Pada dasarnya batik Tasikmalaya mempunyai 3 motif utama , yaitu:

  • motif Sukapura (Sukaraja) yang secara sepintas menyerupai batik Madura dengan motif yang berirama kontras, baik dalam hal ukuran motif maupun tata warnanya. Ciri khas lain dari batik Sukapura ini adalah warna-warna tanah yang digunakan, seperti warna merah, hitam, serta cokelat. Beberapa motif diantaranya adalah motif Merak Ngibing, Roda Bunga, Rawa Kupu-Kupu, Gambir Saketi, Balimbing Seling Ombak Banyu, Daun Taleus, dan Lereng adu Manis dan lain sebagainnya
  • motif  sawoan yang didominasi warna cokelat seperti warna buah sawo, ditambah warna indigo dan cecak-cecak berwarna putih.
  • motif tasik  (Tasikan) yang memiliki komposisi warna yang lebih cerah dan kaya Motif-motif batik tasikmalaya ada diantaranya yang mirip dengan batik garut/garutan. Pada batik Sukapura jarang dijumpai iseng-iseng, kalaupun ada tidak dibuat secara rinci.

 

dari berbagai sumber

Baca juga:

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: