Jam Tangan Ternyata Diciptakan Secara Tidak Sengaja Oleh Louis Cartier

Jam tangan ternyata diciptakan secara tidak sengaja oleh Louis Cartier
Jam tangan ternyata diciptakan secara tidak sengaja oleh Louis Cartier

Jam tangan atau arloji, pertama kali diciptakan pada tahun 1904. Awalnya benda yang sekarang melekat dengan kehidupan kita sehari-hari ini sempat tidak populer sampai dengan awal abad ke-20. Jam tangan ternyata diciptakan secara tidak sengaja oleh Louis Cartier.

Jam tangan pertama di dunia dimiliki seorang pilot Brasil , Alberto Santos Dumont pada tahun 1904. Dumont adalah teman dari  Louis Cartier, pencipta jam tangan pertama kali.  Cartier membuat untuk memudahkan Dumont melihat waktu saat menerbangkan pesawat. Karena Dumont yang seorang penerbang mengeluh pada Cartier bahwa ia kerap kali merasa repot untuk mengambil jam dari sakunya sementara tangannya mengemudikan pesawat. Tak lama setelah itu, Cartier mengirim kepada temannya tersebut prototipe jam tangan pertama kali.

Kebutuhan peranglah yang kemudian mempopulerkan jam tangan, terutama pada Perang Dunia I. Sebelumnya, anda tidak akan bisa menembak apakah senapan atau jam tangan yang akan keluar dari saku orang di depan anda. Setelah perang, para tentara membawa pulang jam tangan itu dan era baru dimulai untuk arloji sebagai bagian  dari fashion.

Menurut Michaek Clerizo, penulis tentang jam tangan untuk The Wall Street Journal, ketika jam tangan menjadi bagian dalam sebuah perang, maka stigma yang melekat padanya sulit hilang. Pada saat itu, Amerika Serikat memiliki industri arloji saku berkembang, yang mendominasi pasar dunia, katanya.

Setelah perang dunia I, para pembuat jam  di Amerika belum melirik untuk membuat jam tangan. Justru Swiss-lah, kata Clerizo, yang kemudian mengambil alih dan menjadi pusat industri jam tangan di dunia. Pada pertengahan tahun 1920-an mereka mulai membuat jam tangan dengan harga relatif murah, dan bertahun-tahun kemudian benar-benar mengukuhkan bahwa Swiss mendominasi industri jam tagan di dunia,  seperti dikutip dari wikipedia.

Namun kemudian, industri jam tangan Swiss menghadapi krisis pada tahun 1969. Jepang, yang merupakan pendatang baru dalam industri ini, merilis Seiko Astron 35SQ, arloji berbasis elekronik (quartz) pertama di dunia. Gerakan quartz lebih akurat daripada jam tangan mekanik selain memiliki keuntungan tambahan, yaitu tahan terhadap guncangan. Jam tangan yang lahir dari riset lebih dari sepuluh tahun itu dengan cepat menjadi populer dan mendunia sampai dengan saat ini.

Nah …itu tadi sejarah diciptakannya jam tangan yang dipelopori oleh Louis Cartier, dimana jam tangan dengan brand Cartier masih bertahan sampai saat ini, dan menjadi salah satu brand jam tangan terkemuka dan mahal  yang banyak diminati.  Jam tangan saat ini sangat melekat dengan kehidupan kita sehari-hari, baik sebagai bagian dari fashion ataupun memang menunjang kebutuhan kita akan penunjuk waktu. Dan teknologi jam tangan pun semakin berkembang seiring perkembangan teknologi, seperti jam tangan yang sudah ditanamkan teknologi android.

 

Baca juga: Ini dia Redmi 4a Android 900 Ribuan Dari Xiaomi

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: