Sekolah Di SMK Banyak Untungnya, Jangan Pandang Sebelah Mata

Sekolah di SMK banyak untungnya, jangan pandang sebelah mata
Sekolah di SMK banyak untungnya, jangan pandang sebelah mata

Slogan SMK, Bisa!! bukan hanya slogan, karena sekolah di SMK tuh seru, lho. Lulusannya pun nggak usah ditanya lagi deh. Sekolah di SMK banyak untungnya, jangan pandang sebelah mata, Nggak percaya ?  nih kita tanya langsung aja ke mereka. Apa sih enaknya jadi anak SMK?

Belajarnya Lebih Fokus

Yap, keuntungan ini udah tercermin dari namanya. Sebagai sekolah kejuruan, di SMK pelajaran yang kita dapat fokus ke bidang tertentu. Nggak meluas, kayak di sekolah biasa. Emang, sih, di SMA biasa, sekolah juga udah dibagi kedua jurusan: IPA dan IPS, tapi kan, di ilmu sosial itu sendiri lingkupnya banyak. Sementara di SMK, kita bisa langsung fokus belajar akuntansinya aja, misalnya.

Cici Rahmadani, dari SMK Manajemen Penerbangan pun setuju. Katanya, “Enaknya jadi anak SMK kita bakalan lebih fokus ke jurusan yang kita pilih. Apalagi kalo emang udah cinta sama jurusannya, bakal lebih asik. Enaknya lagi, waktu UN tentu aja kita beda sama UN SMA yang lebih banyak. Mapel yang di-UN kan Cuma 3 pelajaran. Gimana? Seru kan!”

Lebih Banyak Praktek Daripada Teori

Materi dari pelajaran bisa lebih gampang teringat di luar kepala bagi para siswa SMK. Gimana nggak, materi mereka praktekkan langsung; nggak cuma ngandelin hapalan dari buku aja.

“SMA terlalu banyak teori, karena gue orang yang lebih suka praktek, jadi gue lebih milih SMK. Belajarnya nggak serius banget, kalo kuliah udah masuk pelajarannya. One more, SMK Bisa!”  kata Raidy Aulia dari SMKN 1 Depok

Punya Skill Keren Yang Antimainstream.

Semua orang bisa aja jago matematika; gape akuntansi; dan cas cis cus omongin sosiologi. Tapi, gimana dengan skill mengemudikan kapal laut, menanam hingga memanen melon; dan gimana cara memperbaikin mesin pesawat yang rusak? kayaknya, anak muda yang sekolah di SMK aja, tuh, yang bisa lebih jago.

“Saya bisa tau apa itu pesawat dan bagaimana cara si burung besi ini bisa terbang, saya bangga punya banyak skill dan ilmu khususnya di pesawat terbang,” Wisnu Tri, SMK Penerbangan Adisujipto

Program PKL-nya bikin Nambah Pengalaman

Kalau anak SMA biasa, yang paling sering dipikirin adalah ujian nasional, SBMPTN, dan sederetan try out; siswa-siswa SMK lebih sering ngomongin rencana mereka PKL, dan sesudah menyelesaikannya, heboh ngomongin keseruan selama PKL.

PKL adalah sesuatu yang wajib dilakukan siswa SMK. Asiknya, nggak banyak tuh yang ngerasa terbebani walau PKL memengaruhi nilai. Justru, siswa SMK ngerasa senang banget. Bisa dapet pengalaman kerja masih remaja.

“Di semester 3-4 ada program PKL atau magang yang bikin kita jadi punya pengalaman kerja. Selama di sekolah kita disiapin mental untuk siap  kerja, jadi setelah lulus,  we have a choice selain kuliah,” kata Jesslyn Veronica, SMKN 3 Depok

Nurullisa dari SMK Harapan Bangsa juga merasakan keuntungannya, “Gue punya pengalaman baru, lebih mendalami ke bidang apa yang mau dituju. Seru juga, terus abis lulus sekolah bisa langsung kerja, kuliah nggak bingung lagi mau milih jurusan apa”.

Punya Kesempatan Dapet Uang Dari Skill Yang Dipunya

Siswa SMK multimedia bisa buka jasa bikin logo, siswa SMK Tata Boga bisa bikin rumah makan, atau kerja di restoran; siswa Tata Busana bisa bantu mendesain gaun pengantin atau malah sekalian buka butik. Itulah asiknya jadi anak SMK, dengan skill yang kita pelajari di sekolah, kita bisa menawarkan jasa ke orang-orang. Kalau udah gini, uang jajan dari orangtua bisa dialihkan untuk kebutuhan lain kan, tuh. Kita bisa mencari pemasukan sendiri.

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: