3 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berinvestasi

3 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berinvestasi
3 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berinvestasi

Investasi adalah salah satu hal tentang perencanaan keuangan dalam keluarga yang wajib untuk dilakukan, entah itu investasi dalam bentuk surat berharga,  reksadana, property, unit link, ataupun emas. Untuk mempersiapkan masa depan, dan juga kebutuhan jangka panjang, tabungan saja pastinya tidak cukup. Namun ada 3 hal yang perlu dipersiapan sebelum berinvestasi.

Apa saja hal-hal tersebut? berikut adalah 3 hal yang harus diperhatikan menurut Harsya Prasetyo, pengajar Internasional Finance untuk Studi Postgraduate, Binus Business School Jakarta, seperti dikutip dari majalah Pesona :
1. Mengetahui jumlah pengeluaran tahunan
Tidak pernah tahu pasti berapa jumlah pengeluaran keluarga Anda dalam setahun? Kalau jawabannya ya, berarti ini saatnya Anda membenahi rencana keuangan keluarga. Mulailah membuat daftar pengeluaran dan pemasukan tahunan yang detail dan menyeluruh. Ketika Anda tahu berapa jumlah uang yang Anda dapatkan dan keluarkan, Anda jadi tahu jenis investasi apa yang cocok dengan dompet keluarga Anda.

2. Bebas dari utang kartu kredit
Kalau tak dikelola dengan baik, tagihan kartu kredit bisa membuat kepala serasa pecah. Bereskan dulu utang kartu kredit Anda, baru setelah itu Anda mendapat lampu hijau untuk berinvestasi. Coba pikir, kalau Anda masih harus membayar bunga kartu kredit sebesar 10%, sedangkan investasi yang Anda lakukan hanya berbunga 7%, jadinya besar pasak daripada tiang, bukan?

3. Siapkan asuransi kesehatan

Kesehatan adalah segalanya. Jangan sampai investasi belum berjalan maksimal, Anda terlanjur terbaring di rumah sakit dan harus mengorek-ngorek tambahan dana dari investasi yang belum matang untuk membayar keperluan berobat. Karena itu, menyiapkan asuransi kesehatan sebelum mulai berinvestasi, wajib hukumnya!

 

Baca juga: Tips Berinvestasi Emas

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

 
mau belajar bikin web ?Click Disini
%d bloggers like this: