Tips Sebelum Gunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Tips Sebelum Gunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
Tips Sebelum Gunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Paket kebijakan ekonomi ke-13 yang dikeluarkan pemerintah beberapa waktu lalu akan mempercepat realisasi kredit pemilikan rumah (KPR) hingga 50-60%. Dan sekarang sudah banyak banyak yang memberikan bunga single digit untuk produk KPR. Hal ini sangat menguntungkan bagi konsumen, tapi ada beberapa hal yang harus dicermati sebelum memutuskan untuk menggunakan KPR, berikut Tips Sebelum Gunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) :

 

Merupakan wewenang bank
Saat memutuskan untuk menggunakan KPR, maka bersiaplah untuk segala wewenang yang ada di tangan bank. Anda bisa memilih bank saat Anda membeli rumah second, namun jika Anda membeli rumah baru, maka Anda biasanya hanya bisa memilih bank yang telah ditunjuk pengembang. Meski begitu, ada tiga kebijakan bank yang tidak dapat Anda ubah, yakni:

1. Notaris
Notaris akan dipilih langsung oleh bank dan Anda tidak bisa memilih notaris Anda sendiri. Walapun demikian, pembayaran notaris tetap dilakukan oleh Anda.

2. Asuransi
Pada umumnya rumah yang baru dibangun dan dibeli dengan sistem KPR telah diikutsertakan dalam asuransi jiwa dan kebakaran. Bahkan biasanya bank telah secara ‘paksa’ meminta Anda memilih produk dari bank itu sendiri.

3. Perjanjian
Debitur pengguna KPR secara tidak langsung harus paksa untuk setiap isi perjanjian yang tertuang. Itulah mengapa penting halnya untuk Anda mengetahui isi perjanjian secara menyeluruh sebelum menyesal.

Terkena Jebakan Pengembang
Tak jarang pengembang perumahan melakukan sedikit trik yang menyangkut penggunaan KPR. Pengembang tersebut biasanya akan memberikan promo berupa bebas biaya admin dan KPR. Padahal sebenarnya biaya-biaya tersebut sudah masuk ke dalam harga rumah.

Menggunakan sistem ‘berat di awal’
Sistem ini dikenal dengan nama sistem anuitas. Biasanya terjadi pada KPR Konvensional, di mana debitur akan dikenakan nominal cicilan lebih besar di tahun-tahun pertama. Meski sudah berganti tahun, nyatanya pokok utang tetaplah sama. Penting halnya untuk mengetahui sistem yang diusung bank guna menghindari kerugian dan kredit macet cicilan Anda di masa mendatang.

sumber : detikfinance

Baca juga: Cara Internet Marketer Hasilkan Miliaran Rupiah dari Bisnis Online

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: