40 Persen Perokok Aktif di Indonesia Adalah Remaja

40 Persen Perokok Aktif di Indonesia Adalah Remaja
40 Persen Perokok Aktif di Indonesia Adalah Remaja

Fakta terkait kebiasaan merokok di kalangan remaja di Indonesia sangat mencengangkan sekaliguskan mengkhawatirkan. Diungkap oleh  Dosen Marketing The Business School Edinburg Napier University, London, Nathalia C Tjandra bahwa 40 persen perokok aktif di Indonesia adalah  remaja, dan sebagian besar adalah remaja laki-laki.

Fakta in juga diperkuat dengan pernyataan Ketua I Komisioner Komisi Nasional (Komnas) Penanggulangan Tembakau, Widyastuti Soerojo, menyebut jumlah perokok remaja juga ikut meningkat drastis.

Pada tahun 2010 saja, jumlah perokok umur 14 tahun sudah mencapai 3,9 juta orang. Pada 2013 meningkat menjadi lebih dari 7 juta. Maka bisa dibayangkan pada tahun 2016 ini berapa juta perokok remaja di Indonesia, apabila setiap hari ada 45 ribu perokok baru. Fakta yang sangat menyedihkan.

Padahal diketahui bahwa asap rokok mengandung sekitar 4.000 bahan kimia, dan berhubungan dengan sedikitnya 25 penyakit di tubuh manusia.Maka apabila pemerintah tidak segera mengambil kebijakan yang lebih nyata, maka kita sudah bisa membayangkan bagaimana jadinya dengan masa depan anak-anak remaja ini 5 tahun, 10 tahun atau 20 tahun mendatang.

Tapi, pastinya ini buka hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, sebagai regulator semata, Tapi juga orang tua, guru dan juga pada publik figur yang sudah pasti menjadi orang-orang yang berpengaruh dalam perkembangan dan kehidupan anak sehari-hari.

Terutama adalah orang tua, tindakan yang harus dilakukan adalah dengan memberikan pengertian dan arahan akan bahaya dan dampak rokok. Selain itu, memberikan contoh yang baik adalah satu hal yang wajib, jangan sampai terjadi, orang tua melarang anak merokok, tapi dirinya sendiri adalah seorang perokok aktif.

Maka, kita sebagai orang tua harus kebih aktif dalam memberikan tindakan preventif, agar angka 40 persen perokok aktif di Indonesia yang adalah anak remaja dapat terus kita tekan, sampai pada akhirnya tidak ada remaja lagi yang merokok atau mencoba-coba merokok.

 

dari berbagai sumber

Baca juga: 1001 Manfaat Berhenti Merokok

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: