9 Tips Pemasaran Online dengan Instagram

9 tips pemasaran online dengan instagram
9 tips pemasaran online dengan instagram

Membuka bisnis online atau melakukan pemasaran online dengan media social media seperti facebook atau instagram adalah sesuatu yang harus dilakukan saat ini untuk meningkatkan penjualan. Untuk instagram marketing, berikut ada 9 tips pemasaran online dengan instagram dari Tung Desem Waringin, seperti dikutip dari detik.com

1. Atur dasar bisnis
Langkah paling awal membangun bisnis adalah mengatur dasar bisnis Anda itu. Anda bisa mulai dengan menentukan desain logo. Selain itu tentukan visi dan misi bisnis Anda. Anda juga bisa mencantumkan visi misi Anda di bio instagram Anda. Sertakan juga kontak yang bisa dihubungi entah itu nomor telepon, e-mail, atau website Anda.
2. Catat setiap pertumbuhan atau pencapaianmu setiap hari
Salah satu cara ini selain membantumu merekap data, juga bisa dijadikan bahan evaluasi guna mengetahui aspek yang kurang dan yang lebih dari bisnismu. Saat mengetahui aspek yang kurang, Anda bisa memperbaikinya. Saat ada aspek yang sudah bagus, Anda bisa lebih memaksimalkannya.
3. Posting waktu yang tepat
Untuk memastikan postingan foto produkmu dilihat banyak orang, posting pada waktu yang tepat. Anda bisa minta bantuan teman yang bisa melakukan analisis pasar atau teman yang sudah berpengalaman menggunakan akun Instagram sebagai sarana berbisnis, guna mengetahui waktu terbaik tersebut. Dengan begitu, semakin banyak orang melihat, semakin banyak yang tahu dan penasaran dengan produk bisnismu.
4. Konsisten dengan caption dan foto
Apabila Anda berniat berbisnis lewat Instagram, pastikan postinganmu hanya berisi terkait produk bisnismu, baik dari foto maupun caption. Sebisa mungkin bedakan dengan akun Instagram pribadi Anda. Perhatikan juga cara memosting foto di Instagram agar user lain terpikat dengan produkmu. Jangan lupa beri caption unik biar orang semakin penasaran. 

5. Rancang isi konten
Dibutuhkan banyak konten berkualitas yang mencerminkan merek bisnis Anda. Sangat penting untuk menciptakan tampilan yang membuat orang bisa mengenali merek bisnis Anda. Membuat rancangan isi akun Instagram membuat Anda tidak akan bingung mau memposting apa saja setiap waktunya. Dengan adanya rancangan, Anda juga bisa mempersiapkan tampilan foto terbaik terkait produk atau merek bisnis Anda.

 

6. Jalin ikatan dengan followermu
Jangan remehkan respons dari followermu. Perhatikan komentar mereka, baik saran maupun kritikan. Semakin Anda loyal kepada mereka, semakin mereka bisa berpotensi loyal kepada produk Anda. Mereka akan membantu mempromosikan produkmu sehingga bisnis Anda bisa semakin tumbuh subur.

 

7. Belajar dari komunitas
Tidak hanya menjadi wadah pajangan produk, instagram juga tempat orang berbagi. Semisal ada komunitas yang terkait bisnismu di Instagram, jangan ragu follow dan ambil ilmu dari mereka. Perluas jaringan dan perbanyak wawasan akan membantu bisnis Anda berkembang.

 

8. Mencari pengalaman
Jalin komunikasi dan relasi dengan pebisnis lain yang lebih andal dan berpengalaman. Misalnya mulai follow akun Instagram mereka, love foto mereka, perkenalkan diri, kasih komentar, dan perlahan interaksi terjalin. Dari dia Anda bisa belajar banyak tentang bisnis, yang bisa mendongkrak kemajuan bisnis Anda.

 

9. Temukan pelanggan dan partner baru
Instagram dapat memfasilitasi Anda bertemu orang baru dan menjalin kerja sama. Manfaatkan itu. Seperti disinggung di atas, saat Anda follow akun pebisnis lain yang sejenis dengan Anda atau tidak, Anda bisa belajar dari dia. Saat Anda menjalin relasi hangat dengan followers, Anda bisa menambah banyak pelanggan.

Nah itu tadi tips 9 tips pemasaran online dengan instagram dari Tung Desem Waringin.  Selamat mencoba!!

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: