Mengenal Keju Mozarella Yang Sedang Happening

Mengenal Keju Mozarella Yang Sedang Happening
Mengenal Keju Mozarella Yang Sedang Happening

Saat ini keju mozarella lagi happening banget. Hampir semua foto makanan atau menu masakan yang mondar-mandir di socmed pasti disisipi makanan asli Italia ini. Mari mengenal keju mozarella yang sedang happening itu.

Menurut wikipedia, Mozzarella adalah keju Italia yang dibuat dengan cara diputar dan dipotong, karena dalam bahasa Italia, mozzare berarti memotong.Keju ini dibuat dari susu sapi ataupun susu kerbau. Mozzarella di bufala dibuat dari susu kerbau, sementara mozzarella fior di latte dibuat dari susu sapi yang di pasteurisasi. Mozzarella segar umumnya berwarna putih, namun dapat berwarna kuning terang tergantung makanan sapi/kerbau yang diambil susunya.

Tekstur keju ini lembut dan berkadar air tinggi. Pada umumnya, keju yang dibuat pada hari itu, dimakan pada hari itu juga. Walaupun demikian, keju ini dapat bertahan hingga satu minggu bila direndam di air garam. Mozzarella dengan kadar air yang rendah dapat disimpan di lemari es hingga satu bulan, dan dapat bertahan lebih lama bila dijual dalam kemasan hampa udara. Mozzarella berkadar air rendah yang sudah diparut dapat disimpan hingga 6 bulan.

Mozzarella umumnya memiliki bentuk bundar seperti bola, tetapi banyak bentuk-bentuk lain dari keju ini, antara lain “Bocconcini” (suapan), “Ciliegine” (ceri kecil), “Nodini” (simpul kecil), “Pizzaiola” (balok) dan “Ovoline” (telur).Berat dari keju ini sekitar 200 hingga 795 gram. Warna dari keju ini putih porselen dengan kulit yang sangat tipis dan halus.Ketika keju ini dipotong, ia akan menghasilkan cairan putih yang beraroma susu. Mozzarella yang dibuat dengan susu sapi tidak sehalus Mozzarella yang dibuat dengan susu kerbau.

Keju ini sering digunakan pada hidangan pizza, lasagna, dan sebagainya. Untuk menggunakan keju ini, harus diparut terlebih dahulu, namun karena strukturnya yang lembut banget, maka kita sering kesulitan untuk memarut, bisa-bisa bentuknya malah hancur tidak karuan.

Tapi ada Tips nya :

Untuk memudahkan Anda menggunakan Mozarella, ini tipsnya:

1. Bungkus keju mozzarella dengan plastik lalu masukkan ke dalam freezer selama 20 menit. Keluarkan. Hal ini dilakukan agar tekstur mozzarella lebih keras dan memudahkan proses memarut.

2. Kadang bagian keju sering menempel pada bagian parutan. Untuk menghindarinya, oles tipis bagian parutan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

3. Genggam keju dengan erat, lalu tangan yang lain menahan parutan. Tekan hingga memperoleh ketebalan yang Anda inginkan. Tidak perlu terlalu keras karena keju bisa patah.

4. Setiap kali hasil parutan keluar, pastikan tidak ada keju yang tersisa pada bagian belakang dengan bantuan jari

 

Nah itu tadi sedikit ulasan tentan mengenal keju mozarela yang sedang happening dan tips dalam mengolahnya.

Semoga bermanfaat ya.

 

Baca juga: Keju Bisa Jadi Teman Diet

 

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: