Kapal Tenaga Surya Karya Anak Bangsa Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan; terdiri dari pulau-pulau dengan dikelilingi oleh lautan yang luas. Terdiri dari sekitar 13.667 pulau, dengan luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan lautnya mencapai 3.257.483 km2 (belum termasuk perairan ZEE). Panjang garis pantainya mencapai 81.497 km2; merupakan garis pantai terpanjang di dunia. Jika ditambah dengan ZEE, maka luas perairan Indonesia sekitar 7,9 juta km2 atau 81% dari luas keseluruhan, Maka dari itu Luas daratan Indonesia hanya sekitar 1/3 dari luas seluruh Indonesia sedangkan 2/3-nya berupa lautan. Dengan perbandingan itu Indonesia dijuluki sebagai negara maritim atau negara kelautan.

kapal tenaga surya its jalapatih

Dengan julukan sebagai negara maritim, selayaknya kita mengembangkan yang namanya kapal laut, supaya negara semakin kuat, oleh karenanya beberapa waktu yang lalu Setelah sukses meluncurkan mobil listrik, kali ini Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) meluncurkan sebuah kapal bertenaga surya. Kapal ini diberi nama “Jalapatih”. Dengan menggunakan panel surya, energi listrik akan disimpan dalam baterai dengan membutuhkan sekitar 114 baterai litium ion. Jalapatih sendiri memiliki panjang 5 meter dan lebar 1,5 meter. Hanya dengan daya dua kilowatt, kapal dengan tinggi 60 sentimeter tersebut mampu melaju dengan kecepatan 10 knot. Daya tersebut dirasa cukup untuk menempuh perjalanan hingga 220 kilometer.

kapal tenaga surya ui si jagur

Tidak mau kalah dengan ITS, Universitas Indonesia pun juga sukses mengharumkan nama Bangsa Indonesia dengan kapal tenaga surya nya “Si Jagur atau Jaya Satria Garuda” berhasil meraih peringkat kedua di Asia dan ke-15 di dunia dalam ajang kompetisi Internasional Dutch Solar Challenge 2016 di Belanda pada 30 Juni hingga 9 Juli lalu. Kapal dengan desain unik karena terinspirasi dari kapal khas Indonesia yaitu cukung yang memiliki konsep trimaran atau kapal dengan tiga lambung yang saling terhubung. Trimaran ini mampu membuat kapal lebih stabil, bermanuver baik, luas bidang basah lebih kecil serta lebih cepat.

Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, memperkenalkan kapal khas Indonesia dikancah internasional menunjukkan bahwa Indonesia memiliki SDM yang tangguh dan siap bersaing secara global serta mampu berinovasi dalam pemanfaatan energi ramah lingkungan.

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: