Promosi Bisnis Online, Gratis dan Efektif

promosi online gratisPromosi adalah satu hal yang wajib dan sangat penting dalam bisnis. Semenarik atau sebagus apapun produk, jika tidak dikenal oleh pasar, maka tidak akan ada penjualan. Bagaimana bisa dikenal oleh pasar ? lewat promosi pastinya. Strategy promosi sangat banyak, bisa lewat iklan, CSR, promo on the street dan sebagainya.

Promosi identik dengan budget yang besar. Sebenarnya nggak juga sih, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk promosi dengan menekan budget seminimal mungkin, tapi tetap efektif. Dengan memanfaatkan teknologi dan juga media online yang berkembang pesat saat ini, anda bisa membuat strategy promosi untuk produk yang anda jual.

Berikut adalah beberapa pilihan promosi bisnis online, gratis dan efektif yang bisa anda coba anda terapkan pada strategi pemasaran :

1. Daftarkan ke direktori bisnis online
Promosikan bisnis Anda di penyedia layanan direktori. Semakin lokal, semakin baik. Bagaimanapun, jangan lupakan sang raksasa Google.

Saat ini, Google memiliki layanan direktori yang dinamakan Google Places. Dengan memasukan informasi seputar bisnis Anda ke daftar mereka, secara tidak langsung Anda telah menumpang Google dalam mempromosikan bisnis di jagat online. Selain Google, layanan serupa diberikan oleh Yahoo dan Bing, mesin pencari milik Microsoft. Semuanya gratis.

2. Media Sosial
Tren penggunaan media sosial sebagai alat promosi bisnis online gratis masih terus meningkat. Apalagi, sebagian besar media sosial kini telah menyediakan ruang untuk beriklan. Jika Anda ingin mencoba, perhatikan dua hal.

Pertama, pilih media sosial yang cocok untuk bisnis Anda. Jika Anda penjual pernak-pernik, mungkin Instagram dan Pinterest adalah medium yang lebih relevan ketimbang Twitter, karena keduanya memberikan ruang lebih terhadap konten visual.

Perhatikan pula di mana pasar Anda berada. Pengguna Twitter tentu berbeda dari pengguna Facebook, untuk Facebook, anda bisa memanfaatkan promosi di grup-grup facebook. Pengguna Vine juga berbeda dari pengguna Snapchat. Atau jika cocok, anda juga bisa menggunakan Linkedin sebagai media promosi. Temukan pasar Anda, baru gencarkan promosi bisnis Anda di medium tersebut.

3. Blogging
Nyatanya, website resmi tidaklah cukup sebagai sarana promosi bisnis online. Website tersebut cenderung berbau korporat dan terkesan kaku. Ada dinding yang memisahkan Anda dan konsumen. Blog akan menghancurkan tembok itu.

Lewat blog, segala hal di balik bisnis Anda bisa diceritakan dengan gaya bahasa yang lebih santai dan dekat dengan konsumen. Sebaliknya, konsumen akan merasa lebih bebas dan terbuka dalam mengeluarkan pendapatnya.

Perlu disadari bahwa sebuah blog hanya akan menjadi alat promosi bisnis yang efektif jika ia selalu diperbaharui. Maka Content is  matter, Blog yang mati tidaklah berguna, atau malah menjelekan citra bisnis Anda. Ingin memulai membuat blog? Anda bisa mencoba platform gratis seperti WordPress , Blogspot, Wix, Weebly atau Medium.

Blog anda juga bisa anda hubungkan ke akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Instragram dan sebagainya.

4. Multimedia
Tren menunjukan bahwa konten video semakin diminati netizen. Selain itu, konsumen juga meluangkan waktu lebih lama untuk menonton video dibandingkan membaca artikel.

Dari fakta di atas, jelas sudah bahwa konten multimedia dapat dijadikan senjata ampuh dalam berpromosi secara online. Selain di website, unggah konten multimedia Anda di berbagai situs layanan video seperti YouTube dan Flickr, atau lewat Instagram yang saat ini sudah meningkatkan layanan videonya.

5. Optimasi website
Search Engine Optimization (SEO) memainkan peranan penting dalam pertarungan bebas di ranah mesin pencari. Sebuah artikel dengan SEO yang baik akan lebih mudah terdeteksi Google dan juga orang banyak.  Untuk contact blog atau website, SEO sangat penting. Di platform blog, seperti contohnya wordpress, sudah disediakan fasilitas untuk SEO, jadi anda tinggal memaksimalkan saja.  beberapa Tetapi bagaimana melakukannya?

Ada jutaan artikel tentang SEO di internet. Cukup klik salah satu dan mulai lah bereksperimen. Jika Anda benar-benar menginginkan promosi bisnis online secara gratis, SEO adalah pengetahuan yang wajib Anda miliki.

6. Berkomunitas dan berkontribusi
Seperti apakah bisnis yang tengah Anda bangun? Apa kesukaan Anda dan apa yang bisnis Anda bisa tawarkan? Berbekal jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu, Anda bisa tahu ke mana Anda mesti mencari teman dan komunitas online.

Jika Anda berbisnis kuliner, bergabunglah di komunitas kuliner. Jika Anda punya bisnis travel, perhatikan komunitas back packer atau traveller. Begitu seterusnya. Dengan bergaung di komunitas, Anda akan mendapat banyak input yang berguna bagi bisnis Anda.

Tetapi, hindari perilaku diam dan hanya menjadi pengamat. Ingatlah bahwa Anda adalah sarana promosi dari bisnis Anda sendiri. Jadilah anggota komunitas yang aktif dan berkontribusi. Jangan hanya hit and run dengan berpromosi lalu menghilang. Bisa-bisa Anda justru diblokir dari situs dan komunitas.

Membangun bisnis online memang bukan perkara mudah dan cepat. Apalagi, jika Anda menginginkan promosi secara gratis. Bagaimanapun, hal tersebut bukannya tidak mungkin. Ketekunan dan kepekaan terhadap tren menjadi kunci dalam keberhasilan promosi bisnis online.

 

Please follow and like us:

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

 
mau belajar bikin web ?Click Disini

Enjoy this blog? Please spread the word :)

%d bloggers like this: