ALAT PENJERNIH AIR TANPA MESIN (APATM) “TRADITIONAL WATER PURIFIER”

ALAT PENJERNIH AIR TANPA MESIN (APATM) “TRADITIONAL WATER PURIFIER” 

CREATED BY HJ.SOELIDARMI SH

alat penjernih air tanpa mesinHarian KOMPAS Selasa 17 Maret 2009 menulis “KELANGKAAN AIR BERSIH MENJADI PERSOALAN DUNIA” . Forum Air Sedunia yang digelar setiap 3 tahun akan membicarakan Persoalan Kelangkaan air dan bagaimana menyediakan air bersih serta sanitasi bagi milyardan Penduduk Dunia.

Harian Kedaulatan Rakyat Rabu 15 Juli 2009 menulis Semarang Rebang Blora Tegal mulai Sulit Air Berasih. Di daerah pesisir pun air sumur sudah menyerupai air payau.

Krisis air bersih sudah melanda di sejumlah Kecamatan-kecamatan di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun sebagian wilayah-wilayah di luar Jawa.

Untuk mengatasi masalah Kelangkaan Air Bersih Gunakanlah APATM ( ALAT PERJERNIH AIR TANPA MESIN), adalah suatu alat hasil kreasi seorang Pensiunan Hakim.

Pengujian dan Evaluasi

Pengujian secara kimiawi terhadap air sumur yang sangat tidak berkwalitas setelah di lewatkan ke dalam APATM oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit Menular Yogyakarta,, dengan suratnya PM 07.04.7.403 tanggal 21 Maret 2005 menyatakan bahwa Air Sumur setelah dilewatkan Alat Penjernih Air Konvensional memenuhi syarat air minum, menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 907/MenKes/AK VII/2002.

Penelitian oleh LIPI menyatakan bahwa APATM dapat menjernihkan air hujan, air laut, air sungai serta dapat menhilangkan bau amis, segala bau yang tidak sedap.

STRUKTUR APATM

APATM terbuat dari pipa pralon yang diisi oleh 4 lapisan dari bahan-bahan :

  1. Lapisan I Spons / Kapas
  2. Lapisan II Batu Ziolit
  3. Lapisan III Arang Tempurung kelapa
  4. Lapisan IV Spons / Kapas

 Sistem Penjernihan :

Masukan : Air Sumur, Air Hujan, Air Sungai Alr Laut Air Payau, Air Keruh, Air PDAM.

Sistem Pemrosesan : Lapisan I berfungsi sebagai Penyaring Awal. Lapisan II berfungsi sebagai Penghilang Bau tidak sedap. Lapisan III berfungsi sebagai Penghilang sifat-sifat Keracunan. Lapisan IV berfungsi sebagai Penyaring Akhir.

Keluaran : Air Bersih Jernih terbebas dari Bebauan, Pewarnaan Pencemaran

Kesaksian-kesaksian

Air bersih yang selama ini kami dambakan akhirnya kini telah kami dapatkan yaitu menggunakan Alat Penjernih Air Tanpa Mesin (APATM) kreasi Ibu Soelidarmi SH Pensiunan Hakim Pengadilan Negeri Kabupaten Sleman Daerah Istimeawa Yogyakarta.

Selama ini Kualitas Air sumur didaerah kami selain cukup keruh, berbau tidak sedap, setelah dilewatkan melalui APATM air menjadi bening terbebas dari bau yang tidak sedap, juga menjadi higienis serta barokah bagi seluruh Jemaah kami.

Kami seluruh Pengurus Takmir Masjid Choirul Huda Jl. Puewadaadi Utara 32 Surabaya 60171 mengucapkan terimakasih kepada Hj. Soelidarmi SH atas bimbingan cara pemasangan, pemeliharaan dan konsultasi.

Surabaya 07 Juli 2009. Tertanda

SUPRAPTO S.S.Ing. LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA (LDI).

Bapak Dicky Hardianto.

Jl. A Yani No.2 Depan Lapangan Tugu Bengkulu 38114.

Jujur saya akui Penemuan Ibu sangat bermanfaat bagi sekeluarga di Bengkulu.

Alat saring buatan Ibu benar-benar mantap menyaring air kotor karena sudah tercemar air laut menjadi bersih dan rasanya enak.

UNIVERSITAS SANATA DHARMA LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT dengan suratnya No:024 / DPPM-USD / P / II / 2008 : Departemen Pengembangan dan Pelayanan Masyarakat Universitas Sanata Dharma Yogyakarta memberikan penghargaan / ucapan terimakasih.kepada Ibu Soelidarmi SH atas peran sertanya membantu masyarakat melalui mahasiswa KKNUNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA di Dusun Kaligondang Sumbermulyo Bambanglipuro , Bantul, Yogyakarta

Ketua LPMD Kaligondang bapak H.Bibit Subarjo menyatakan :

Program Penyuluhan dan Pembuatan alat penyaringan air bersih tanpa mesin yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Angkatan XXXV Universitas Sanata Dharma dengan Narasumber Ibu Soelidarmi SH sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kebutuhan air bersih dan sehat adalah mutlak dan penting. Di dusun yang terlanda gempa mempengaruhi kualitas air tanah. Untuk mengatasi hal ini diperlukan adanya alat penyaringan air yang murah dan sederhana yang dapat dibuat oleh warga pedesaan. Dengan adanya alat penjernih tanpa mesin warga dapat menghemat dan mengalokasikan uang yang biasanya untuk membeli air kemasan ke kebuthan hidup yang lain. Alat Penjernih Tanpa Mesin tersebut sangat sederhana, murah harganya yang dapat digunakan relatif lama.

Drs. Severinus Domi,Msi Dosen MIPA (Pendidikan Fisika) di Sanata Dharma) , Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Kegiatan Penyuluhan Air bersih yang diadakan pada hari Minggu 27 Januari 2008 bagus dan bermanfaat, karena semakin hari kualitas air bersih dilingkungankita ini semakin menurun. Entah disebabkan oleh limbah, ataupun karena keteledoran manusia dan lain sebagainya.

Saran : Sebelum diadakan Penyuluhan alat penyaringan Air perlu diadakan shok terapi yaitu dengan cara diadakan pengecekan air yang ada dimasyarakat pada laboratorium, sehingga masyarakat sadar seberapa tingkat kelayakan air yang merka konsumsi sehari-hari dan bagaimana upaya untuk meningkatnya.

Alat Penjernih Air Tanpa Mesin hasil kreasi Ibu Soelidarmi SH. Bisa terjangkau secara ekonomis oleh masyarakat.

Y.Diaswikarta dan Anik Yuliani.

Penanggung Jawab Program KKN mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Program KKN di Pedukuhan Kaligondang dilator belakangi oleh obsevasi lapangan dan sebagai respons dari warga Kaligondang. Air merupakan kebutuhan yang sangat vital dalam kehidupan. Tanpa air manusia hewan dan tumbuh-tumbuhan tidak akan hidup. Mengingat pentingnya air dalam kehidupan maka diperlukan suatu kesadaran penuh dalam masyarakat untuk menjaga kualitas air tetap bersih dan sehat. Pembuangan sampah dan limbah serta makin banyaknya pemukiman penduduk bisa menyebabkan pencemaran tanah yang akan berlanjut kepada pencemaran air.

Pameran dalam rangka Dies Natalis Universitas Gajah Mada 22 Nopember 2006.

Inventor mengajukan pertanyaan berupa form isian pilihan ganda : Berikan tanda contreng sebagai tanda jawaban / tanggapan / reaksi / penilaian terhadap APATM :

  1. Memicingkan sebelah mata saya.
  2. Menepuk pantat saya sendiri
  3. Menunjuk ibu jari tangan kanan / kiri kebawah
  4. Menunjuk ibu jari tangan kanan / kiri keatas. V
  5. Tidak bereaksi apa-apa.

Beberapa nama para penunjuk nomer 4 antara lain.

    • Bapak Parno Widodo SH. Jl. Hayam Wuruk 28 PNS. 0274 588338
    • Hj. Dwinita Sutohadi Jl. Monginsidi no 5 Yogyakarta.
    • Bapak Bambang Isnawan Ganjuran, SB Mulya Bambang Lipuro Bantul PNS.
    • Bapak Wisnuadi Nugroho Labasan Pakem SlemanHP.0812295176 PNS

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: