Wanita Butuh Lebih Banyak Tidur Daripada Pria

wanita butuh tidur lebih lamaDalam kondisi deep sleep, sel otak mengalami regenerasi dan perbaikan. Tidur cukup dengan kualitas yang baik juga menjaga kesehatan jiwa. Sudah banyak riset tentang pentingnya tidur dengan kuantitas yang cukup dan kualitas yang baik.

Tapi  sebuah riset  menyimpulkan bahwa wanita perlu waktu lebih panjang untuk tidur dibanding pria. Alasannya, kurang tidur lebih berdampak secara mental dan fisik pada wanita dibanding pada pria. Hasil riset itu menginspirasi dunia kedokteran untuk merekomendasi wanita yang memiliki risiko sakit jantung, depresi, dan masalah psikologis untuk menambah jam tidurnya.

Berikut beberapa alasan mengapa wanita butuh lebih banyak tidur daripada pria :

1. Keadaan biologis wanita berbeda dengan pria
Sudah sangat jelas bahwa kondisi biologis antara wanita dan pria sangat berbeda. Wanita memiliki hormon yang tingkatannya bisa berubah drastis setiap bulannya.
Tak hanya itu, saat hamil atau menopause, hormon wanita akan berubah dan ini menyebabkan kuantitas dan kualitas tidur mereka terganggu. Karena itu, sangat penting bagi wanita untuk memiliki kualitas tidur yang sangat baik di malam hari.

2. Otak wanita lebih banyak dipakai
Otak wanita dipakai lebih sering daripada pria, dan untuk memulihkannya, mereka butuh waktu yang lebih lama. Inilah yang menyebabkan wanita butuh tidur lebih lama.

Aktivitas di rumah dan kantor membuat otak mereka memikirkan sesuatu lebih banyak dibanding para pria. Karena otak mereka bekerja lebih banyak daripada otak pria, hasil riset menyebutkan bahwa otak wanita membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih.

3. Otak wanita cenderung lebih kompleks
Karena memiliki otak yang lebih kompleks, para peneliti menyebutkan wanita butuh tidur 20 menit lebih lama daripada pria. Dengan memiliki kualitas tidur yang baik, keadaan psikologis wanita pun akan baik.

4. Tidur berpengaruh pada keadaan mental wanita
Berbagai masalah, seperti depresi, marah, stres, dan sebagainya, dapat meningkat karena kurangnya tidur. Sebaliknya, ketika pria kurang tidur, mereka tidak menunjukkan keadaan tersebut. Tak hanya akan merusak mental, kurang tidur juga akan menyebabkan risiko penyakit lain.

5. Wanita bisa multitasking
Wanita dapat menonton televisi, memotong wortel, dan berbicara di telepon dalam waktu bersamaan. Tak hanya itu, ketiga hal tersebut juga bisa dilakukan tanpa masalah. Contoh kompleksnya, di rumah atau di kantor, wanita juga dituntut untuk melakukan banyak tugas.

Hal-hal tersebutlah yang membuat wanita menggunakan otak mereka lebih banyak daripada pria. Karena itu, wanita akan membutuhkan waktu untuk bersantai dan tidur lebih banyak dan lebih berkualitas.

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: