6 Tips Menjadi Marketing Paling Ampuh

marketing ampuhMarketing adalah ujung tombak dalam sebuah perusahaan dan merupakan bagian terpenting dalam sebuah perusahaan. Tugas utama marketing adalah mendatangkan income buat perusahaan, ketika perusahaan itu menjadi besar dan terus berkembang, dipastikan marketing didalamnya menjalankan tugasnya dengan baik, namun jika sebaliknya yaitu perusahaan selama beberapa tahun tidak ada perkembangan, dijamin marketing didalamnya tidak aktif atau bisa dikatakan mati, pasti ada sesuatu yang tidak benar dalam strategi marketingnya.

Nah, berikut 6 tips menjadi marketing paling ampuh bagi Anda yang ingin menggeluti profesi sebagai marketing :

1. Buat Target Market

Sebelum memasarkan produk, buatlah target marketnya terlebih dahulu. Ketika seorang marketing memasarkan produk tanpa melihat target marketnya, maka akan sia-sia saja, banyak hal yang terbuang sia-sia baik dari biaya, waktu dan tenaga. Contoh jual produk cuci mobil, berarti targetnya adalah orang yang punya mobil, namun apabila dijualnya ke ibu-ibu rumah tangga yang butuhnya alat-alat rumah tangga atau ke anak-anak yang butuhnya mainan mobil-mobilan, maka akan sia-sia saja bukan. Tentukan target dan segmentasi pasar antara produk dan konsumen, seperti produk cuci mobil cocok untuk konsumen pemilik mobil dan buat strateginya serta target yang harus Anda capai dalam melakukan kegiatan pemasaran tersebut.

2. Kuasai Product Knowledge

Bacalah manual book dari product yang akan dipasarkan dan ikutlah training supaya konsumen bertanya tentang produk, kita bisa percaya diri dan menjelaskan secara detail. Dengan begitu pembeli bisa yakin sama produk yang ditawarkan. Berikan informasi tentang kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya, serta harga produk kepada calon konsumen. Tujuannya agar mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan.

3. Sell Your Self

“Jualah diri anda” maksudnya disini adalah ketika kita menceritakan pengalaman kerja kita, pendidikan kita, keahlian kita,… jualah yang bisa membuat klien yakin dengan anda dan membelinya hanya dengan anda tidak mau dengan marketing yang lain. Pada intinya adalah bangun kepercayaan.

4. Relationship

Membangun sebuah hubungan tentunya akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari hubungan tersebut, Mulai dari peluang kerja sama di bidang permodalan, referensi yang diberikan, diperkenalkan dengan relasi baru sehingga memudahkan kita dalam pemasaran bisnis. Membangun hubungan semakin mempercepat luasnya jaringan yang kita miliki, maka bertambah besar pula peluang yang tercipta untuk mendapatkan calon konsumen baru.

5. Promosi di Social Media

Jaman sudah berubah, ikutilah perkembangannya tentu saja dalam teknologi informasi. Hampir setiap orang sudah mempunyai smartphone dan akses internet sudah masuk ke pelosok daerah. Kemkominfo menyatakan, pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia. Angka tersebut akan terus bertambah… bayangkan saja jika produk anda dilihat 10% nya saja dari 82 Juta pengguna internet dan 5% yang membeli produk anda !!!

6. Kegiatan Sosial

Melalui kegiatan-kegiatan sosial yang masif, bisa menjadi sarana marketing yang paling efektif ketimbang menghabiskan uang untuk beriklan produk. Misalkan contoh kegiatan sosial sangat banyak ya,… seperti mobile perpustakaan, membersihkan saluran got warga, memberikan support hadiah dengan produk kita pada acara perlombaan dan lain-lain.

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: