Tidak Pernah ada Kegagalan, Hanya Ada Pembelajaran

suksesPernahkan anda mengalami kegagalan atau ketidak berhasilan ? Mungkin di pekerjaan, di satu pertandingan, atau saat kita sekolah dulu. Ada satu kalimat mengatakan bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, kalimat ini sering digunakan untuk menyemangati seseorang yang belum berhasil.

Dulu saya setuju-setuju saja dengan kalimat tersebut. Sekarang sih saya tidak sependapat, karena yang mungkin lebih tepat adalah sometimes we win, sometimes we learn. Kalimat ini lebih memberikan encouragement kalau menurut saya. Jadi tidak pernah ada kegagalan, hanya  ada pembelajaran.

Dan juga karena dari setiap ketidak berhasilan kita, pasti ada sesuatu yang bisa kita pelajari. Agar di kemudian hari, kita bisa belajar dari kesalahan tersebut dan bisa membuat satu improvement.  Ada beberapa hal yang bisa kita ambil sisi possitif dan kita pelajari dari ketidak berhasilan, diantaranya :

1. Membantu kita mengetahui posisi
Jika Anda gagal dan jatuh ke dasar, cara satu-satunya adalah terus ke atas. Menyebalkan memang jika lagi-lagi Anda berada di posisi kedua, atau hanya masuk nominasi. Namun setidaknya Anda tahu di mana posisi Anda saat ini, sehingga bisa menentukan strategi yang diambil.

2. Menyadarkan kita tentang prioritas
Kegagalan ini mungkin saja terjadi karena Anda kurang tempat menempatkan prioritas. Hal yang harusnya jadi perhatian utama malah Anda nomor duakan, sehingga akhirnya Anda kurang sukses. Atau anda tidak fokus dengan tujuan anda.

3. Membuat kita lebih peka pada situasi
Selalu merasa sukses mungkin bisa membuat Anda tak peka akan situasi di sekitar. Anda mungkin merasa semua yang anda lakukan semua sudah benar, tapi mungkin anda sebenarnya kurang peka terhadap situasi atau keadaan, sehingga membuat anda kurang waspada

4. Memacu kita berusaha lebih keras
Kadang-kadang, kita meremehkan kemampuan sendiri, hingga akhirnya menemui kegagalan. Jika ada bisa berusaha lebih keras lagi, dan mengeluarkan seluruh potensi anda, keberhasilan pasti ada di tangan anda.

5. Berusaha harus dari hati
Tahukah Anda kalau salah satu penyebab kegagalan adalah karena Anda tidak melakukannya dari hati? Ikut-ikutan atau bekerja asal-asalan adalah biang kegagalan. Namun, usaha tulus Anda pun tak selalu berjalan mulus. Jika Anda telah berusaha dari hati, suatu saat kesuksesan itu akan datang.

6. Mengajarkan kesabaran
Jika Anda percaya kegagalan adalah bagian dari proses kehidupan, Anda tak akan takut menghadapinya. Anda yakin, kesuksesan akan datang. Dan sambil terus berusaha, Anda sabar menantikannya.

7. Makin percaya diri sendiri
Kegagalan menunjukkan kalau dunia tak akan berubah untuk kita. Kitalah yang harus mengubah sekeliling kita. Dan itu semua bisa dimulai jika Anda percaya pada partner paling setia Anda, diri sendiri.

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: