3 Tips Sukses Presentasi Ide Bisnis di Depan Investor

presentasi ide bisnis

Untuk mengembangkan bisnis, ada waktunya kita memang harus bekerja sama dengan pihak ketiga, dalam hal ini tentunya adalah investor.

Dalam mempresentasikan ide bisnis kita harus bisa meyakinkan calon investor untuk mau berinvestasi di bisnis kita.

Tapi, sebelum bisa meyakinkan, paling tidak kita harus bisa membuat calon investor tertarik dan mendengarkan pemaparan kita. Terkadang hal ini tidak mudah, dibutuhkan trik tertentu. Menurut Adam Grant,  seora,ng pengarang dan profesor termuda di Wharton School,  University of Pennsylvania – Amerika, ada 3 tips sukses presentasi  ide bisnis di depan investor :

1. Jangan terburu-buru membuat proposal
Bedakan dengan menunda-nunda pekerjaan. Selama deadline masih jauh, manfaatkan waktu yang ada untuk mengumpulkan ide-ide baru dan bahan-bahan tambahan dalam membuat proposal, sekaligus lebih banyak improvisasi. Banyaknya data pendukung dalam proposal akan memperkuat ide bisnis yang akan di jual.

2. Jual ide pada investor yang paling menantang
Melakukan presentasi di hadapan calon investor yang baik hati memang sedikit meringankan hati, karena mereka biasanya mengangguk-angguk sambil tersenyum. Presentasi ide bisnis di depan calon investor paling potensial dan menantang akan membantumu menggali potensi dan meningkatkan kemampuan presentasi. Maka tanpa disadari, kemampuan berkomunikasi dan pengetahuan akan meningkat seiring dengan meningkatnya tantangan bisnis.

3. Berterus terang tentang kelemahan ide Anda
Jika Anda terang-terangan terlihat ingin membujuk, biasanya calon investor justru lebih ‘siaga’ untuk menolak Anda. Dengan bersikap terbuka, Anda tidak terlihat sedang menjual ide. Selain itu, gunakan bahasa yang tepat, sehingga Anda akan dianggap lebih cerdas. Setiap ide bisnis pasti punya kelemahan. Akui kelemahan tersebut, sekaligus tawarkan solusi untuk mengatasinya.

Yang terpenting jangan takut untuk memulai, selamat mencoba !

Please follow and like us:

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

 
mau belajar bikin web ?Click Disini

Enjoy this blog? Please spread the word :)

%d bloggers like this: