Brokenheart Syndrome Bisa Menyebabkan Kematian Bagi Perempuan

brokenheart syndromeKalau ada yang berkata patah hati bisa membunuh, hal ini ternyata bukan hanya sekedar kelakar. Karena ternyata memang ada penyakit brokenheart syndrome atau takotsubo syndrome , yang adalah sindrom yang disebabkan oleh patah hati. Perempuan adalah yang tinggi beresiko terbesar terkena sindroma tersebut, terutama perempuan pasca-menopause.

Penelitian yang dilakukan Harmony Reynolds, MD, Saul J. Farber, profesor kedokteran di divisi kardiologi di NYU Langone Medical Center, yang memimpin sebuah studi tahun lalu terhadap  20 perempuan yang selamat sindrom patah hati, ditemukan bahwa 9 dari 10 pasien takotsubo adalah wanita. Ini menunjukkan bahwa ada faktor hormon estrogen di sana.

Mekanisme yang tepat tentang bagaimana terjadinya sindrom takotsubo masih dalam penelitian yang terus berlangsung. Para profesional medis banyak yang tertarik pada topik yang  pertama kali diteliti di  Jepang pada awal 1990-an ini.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Jelena Ghadri, MD, peneliti di departemen kardiologi di University Hospital di Zurich, Swiss,  juga menunjukan bahwa tidak hanya peristiwa sedih yang dapat menyebabkan timbulnya takotsubo, peristiwa gembira pun bisa, seperti ulang tahun dan pernikahan. Apapun yang membuat emosi Anda melonjak bisa memicu kondisi mulai dari  kelelahan, sesak napas hingga asma.

Sindrom takotsubo menampilkan dirinya seperti serangan jantung biasa dengan gejala; nyeri dada, sesak napas dan elektrokardiogram EKG) tidak teratur. Perbedaannya, serangan jantung biasa disebabkan oleh arteri koroner yang tersumbat.

Sementara pada kasus takotsubo, arteri tetap terbuka, namun kombinasi dengan faktor-faktor lain, menyebabkan jantung mengambil bentuk seperti takotsubo, panci khas Jepang yang digunakan untuk menjebak gurita.

Lalu bagaimana mengatasinya atau agar tidak terkena sindrom yang dapat membawa kematian ini ? jawabannya adalah kita harus selalu punya HOPE, harapan. Dan mendekatkan diri pada Tuhan, yang adalah sumber dari pengharapan.

 

dari berbagai sumber

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: