Ayo Cek Masa Kadarluarsa Kosmetik Kamu

kadarluarsa kosmetik Saat membeli kosmetik, pernahkah kamu memperhatikan tanggal kadarluarsa kosmetik yang dicantumkan dalam kemasan ?

Memang tidak semua produsen mencantumkan tanggal kadarluarsa pada produk kosmetik atau parfum yang beredar di pasaran. Tapi, bukan berarti produk kosmetik atau parfum tersebut bisa kamu gunakan seumur hidup ya ..No ..no ..no …

Atau jika kamu suka membeli produk kosmetik di sale-sale, pastikan produk yang kamu beli belum tanggal kadarluarsa. Biasanya merchant  akan menurunkan produk yang 1 tahun lagi akan kadarluarsa, dan tidak menjual kosmetik yang tanggal kadarluarsanya tinggal 3 bulan lagi. Kalau kamu mau beli produk yang di sale juga ga masalah sih, asal kamu harus yakin produk tersebut habis atau jangan di pakai lagi saat sudah kadarluarsa. Karena memaksa menggunakan kosmetik yang kadarluarsa akan berakibat buruh bagi kulit dan kesehatan, mulai dari iritasi hingga menyebabkan kanker.

Selain tanggal kadarluarsa yang tertera dalam kemasan, kosmetik  juga memiliki PAO ( Period After Opening ), artinya setelah dibuka kemasannya kosmetik juga mempunyai batas waktu apakah kosmetik itu masih fresh, dan masih aman digunakan.

Berikut adalah batas waktu pemakaian kosmetik yang bisa kamu jadikan patokan :

Lipstik (2-4 tahun)
Tanda-tanda jika lipstik sudah tidak layak pakai, antara lain aromanya yang sudah mulai berubah menjadi apek, teksturnya berubah seperti mencair dan meleleh, dan tidak lagi dapat menempel maksimal di bibir. Jika lipstik kamu sudah mengalami tanda-tanda ini, ada baiknya kamu membuangnya.

Maskara (3 – 6 bulan)
Maskara merupakan produk kosmetik yang memberikan efek menebalkan bulu mata dan membuat mata terlihat lebih lentik. Namun, maskara juga tempat ternyaman untuk bakteri berkembang. Kondisi fisik maskara yang sudah tidak “sehat”, yaitu mulai berbau busuk seperti gas, dan teksturnya mengering dan berubah. Jika menggumpal, maskara mudah masuk dan mengiritasi mata.

kadarluarsa kosmetik

Eyeliner (3 tahun)
Eyeliner yang kadaluarsa biasanya sudah kering atau menggumpal. Masa pakai eyeliner cair biasanya hingga 4 bulan, sementara eyeliner pensil masa pakainya cukup awet, mencapai satu tahun. Jika eyeliner berbentuk pensil, dia harus diraut agar bakteri tidak tinggal tertanam di ujung. Jika eyeliner berbentuk cair atau spidol, pastikan kamumenutup eyeliner tersebut setelah kamu memakainya.

Blush On (2 tahun)
Blush on atau perona pipi merupakan pemberi warna cerah pada bagian pipi, sehingga kamu tidak terlihat pucat. Ciri-ciri blush on yang sudah tidak aman dipakai yaitu warnanya yang terlihat kusam dan kelabu. Blush on bubuk biasanya dapat bertahan hingga 2 tahun, sementara blush on krim dapat bertahan dari 6 bulan hingga 1 tahun.

Foundation (water-based 12 – 16 bulan, oil-based 18 – 24 bulan)
Foundation atau alas bedak yang berbentuk krim merupakan dasar dari penggunaan make up. Masa aman pakai sebuah liquid foundation hingga 1 tahun (untuk yang berbahan dasar air), dan 18 bulan (yang berbahan dasar minyak). Karena bahan dasarnya berbeda, alas bedak berbahan dasar air lebih mudah habis usia pakainya. Sedangkan, yang berbahan dasar minyak lebih awet, karena minyak membantu mempertahankan usia lebih lama.

Ciri bila foundation sudah tak layak pakai adalah terpisah menjadi dua bagian dan warnanya sudah tidak jernih lagi. Bahkan beberapa foundation cenderung berwarna gelap dan tak merata.

Concealer (1 tahun)
Karena hanya menutup bagian-bagian tertentu saja, concealer jadi awet. Namun, bila sudah mendekati masa 1 tahun, sebaiknya kamu tidak memakainya lagi. Efeknya bisa menimbulkan iritasi, jerawat, atau bintik hitam pada kulit.

Eyeshadow (3 – 5 tahun)
Beberapa eyeshadow berkualitas baik dapat bertahan sekitar 3 – 5 tahun. Namun, pastikan untuk selalu membersihkan dan mengganti kuasnya dengan teratur. Minimal setahun sekali.

Spons (2-3 bulan)
Karena setiap hari digunakan, ganti spons make up setiap 2-3 bulan sekali. Mengapa? Karena bakteri gemar menempel dan berkumpul di tempat lembap. Semakin sering digunakan, spons semakin lembap dan kuman bisa berpindah dari spons ke kulit kamu.

Pensil bibir (3-4 tahun)
Sama halnya dengan pensil alis atau pensil eye liner, lip liner dapat bertahan kurang lebih 3 – 4 tahun. Asalkan, kamu rajin meraut bagian ujung pensil dan  menaruhnya di tempat yang bersih dan kering.

Krim Tabir Surya (1 tahun)
Jenis tabir surya apapun yang kamu gunakan, pastikan usia pakainya tak lebih dari 1 tahun. Bila kamu jarang beraktivitas di luar, belilah tabir surya dalam kemasan kecil. Jangan lupa, tutup rapat botol agar lotion atau krimnya tak mudah mengering dan terkena polusi.

 

Kamu juga bisa memperpanjang masa penggunaan kosmetik dengan menyimpannya di tempat yang sejuk dan dingin. Jangan sekali pun berpikir untuk menaruh alat dandan di kamar mandi atau berbagi kosmetik dengan orang lain, terutama produk perawatan mata dan bibir. So …ayo cek masa kadarluarsa kosmetik kamu.

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: