4 Penyebab Lemak Perut Menumpuk di Perut

Lemak di PerutLemak yang menumpuk di perut dan membuat perut kelihatan buncit memang sangat meresahkan bagi sebagian besar orang, apalagi bagi perempuan. Tumpukan lemak di perut tersebut bisa membuat rasa percaya diri berkurang.

Dan jika tumpukan lemak berlebihan, juga bisa membahayakan bagi kesehatan. Penyebab perut jadi membuncit adalah lemak visceral, jenis lemak yang berada di dalam dan menyelimuti organ-organ. Nah, lemak ini memiliki metabolisme aktif alias melepaskan zat-zat kimia yang bisa menyebabkan peradangan dan dalam jangka panjang memicu penyakit kronik.

Mengurangi asupan makanan mengandung gula dan karbohidrat sederhana adalah cara penting untuk mencegah pembentukan lemak visceral.  Selain dari itu, ternyata ada beberapa kondisi tertentu yang membuat setiap peningkatan berat badan sering kali menyebab penumpukan lemak di perut ikut bertambah.

1. Genetik
Salah satu hal yang paling berperan dalam cara tubuh kita menyimpan lemak adalah faktor genetik. Perhatikan di keluarga Anda, apakah orangtua memiliki bentuk tubuh “apel” atau “pir”. Mereka yang bentuk tubuhnya apel biasanya lebih gampang memiliki timbunan lemak.

2. Perubahan hormon
Di sekitar masa menopause, wanita yang waktu mudanya berperut ramping pun akan mulai menumpuk lemak perut. Penurunan estrogen dan metabolisme yang makin lambat jadi penyebabnya.

3. Kurang tidur
Penelitian menunjukkan, tidur 5 jam setiap malam atau bahkan kurang, terkait dengan peningkatan lemak perut. Risiko yang sama juga dialami mereka yang tidur lebih dari 8 jam setiap hari. Tidur dan metabolisme terkait erat, termasuk dalam hal pembakaran lemak.

4. Stres kronik
ketika berada di bawah tekanan, tubuh akan melepaskan banyak hormon kortisol. Pada awalnya ini akan membuat kita lebih bernafsu pada makanan manis dan berlemak karena memberi rasa nyaman. Kortisol juga menyebabkan tubuh membakar lebih sedikit kalori.

 

Tapi yang perlu diingat lemak juga tak selalu jahat. Bahkan, lemak merupakan bahan bakar untuk membuat estrogen. Karena itu wanita yang terlalu kurus sering kali mengalami gangguan siklus menstruasi atau merasa kelelahan. Untuk menjaga agar lemak tidak berlebihan, jangan lupa melakukan aktivitas fisik dan mengurangi makanan bergula. Konsumsi serat dan juga lemak sehat.

dikutip dari : kompas.com

Please follow and like us:

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

 
mau belajar bikin web ?Click Disini

Enjoy this blog? Please spread the word :)

%d bloggers like this: