International Lefthanders Day, dan Fakta Tentang LeftHanders

international-left-handed-day-13-august-2016
International Lefthanders Day

Tanggal 13 Agustus  ini diperingati sebagai International Lefthanders Day atau Hari Kidal Sedunia, btw saya juga baru tahu sih sebenarnya , pada hal hal ini sudah diperingati sejak 1996 lalu. Peringatan ini dimaksudkan untuk menghargai orang-orang kidal atau left-handers di seluruh dunia.

Sebenarnya apa sih faktor-faktor yang membuat orang menjadi kidal?  Ada beberapa teori yang mencoba membantu menjelaskan hal itu, berikut di antaranya:

  • Gen. Ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa kidal diakibatkan oleh pengaruh genetik. Tapi kemudian serangkaian penelitian tentang kembar membuat teori ini menjadi semakin rumit. Seperti yang diketahui, kembar identik memiliki gen yang identik, akan tetapi serangkaian studi yang dilakukan pada 13 pasangan saudara kembar identik dan fraternal, dari tahun 1933 sampai tahun 1985 menunjukkan bahwa hanya 76% dari keseluruhan kembar identik yang keduanya kidal.
  • Kadar testosteron janin yang terlalu tinggi. Salah satu teori menyatakan bahwa tingginya kadar testosteron dalam janin (yang mungkin disebabkan oleh stres di kala kehamilan)¬† dapat menyebabkan kerusakan atau kelambanan perkembangan sisi kiri otak yang lebih dominan, yang kemudian menyebabkan beberapa fungsi kemudian berpindah ke bagian kanan otak, yang mengatur kemampuan visual-spasial dan kreatif seperti matematika, musik, seni dan arsitektur. Para kidal juga didianggap berisiko tinggi terkena penyakit daya tahan tubuh, sebab tingginya kadar testosteron dapat menghambat perkembangan sistem imunitas

Didunia, orang kidal hanya ada sekitar 10 persen dari  populasi. Dan faktanya, diantaranya ada banyak orang-orang yang jenius, atau juga banyak yang terpilih menjadi pemimpin. Sebut saja Albert Einstein, Newton, Napoleon Bonaperte, Bill Gates, Leonel Messi, Kurt Cobain, Oprah Winfrey, Obama, Bill Clinton, George Bush, sampai Gerald Ford, dan masih banyak lagi.

Presiden Obama
Presiden Obama

Pada Left-handers, perkembangan otak kanan nya lebih baik , dan seperti diketahui bahwa fungsi otak kanan adalah untuk mengatur kemampuan kreativitas, konseptual, seni, musik, gambar, warna, dimensi, emosi dan imajinasi. Mungkin karena faktor inilah, orang kidal identik dengan jenius karena ia lebih mempunyai kemampuan dan kreatifitas.

So, Happy International Lefthanders Day !!.  Apapun talenta yang sudah Tuhan berikan dalam diri kita masing-masing harus kita syukuri dan kita kembangkan, karena jika tidak demikian , lantas apa sebenarnya tujuan hidup kita ? Karena kita hidup adalah untuk menyelesaikan tujuan kita diciptakan. Seperti kata Sunan Kalijaga, ” Untuk apa bertambah usia barang sedetik pun apabila tidak digunakan untuk menyempurnakan kodrat “.

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: