5 Trik Melamar Kerja

interviewBanyak orang berkata bahwa mencari pekerjaan itu sulit, tidak ada lowongan, susah nyari kerja, saya cuman lulusan sma dan sebagainya, namun bukan itu sebenarnya yang terjadi, coba anda lihat di koran terutama hari sabtu dan minggu, begitu banyak lowongan pekerjaan dan sekarang pertanyaannya : Apakah anda masuk dalam persyaratannya ? apakah anda mampu dengan jobdesknya ? apakah anda mau dengan pekerjaannya ?

Nahhh… disini saya mau memberikan 5 Trik Melamar Kerja, supaya anda dapat menambah pengetahuan :

1.Pekerjaan yang anda sukai

Sebenarnya mudah supaya kita bisa menjadi expert di dalam sebuah pekerjaan, yaitu bekerjalah sesuai bidang yang anda suka dan yang anda kuasai. Jadi tentukanlah terlebih dahulu bidang pekerjaan yang anda sukai, setelah itu barulah anda mencari pekerjaan tersebut di koran, jobsdb, jobstreet dan relasi.

2. Buatlah CV yang menarik

Bagi anda yang fresh graduate mungkin kesulitan dalam membuat CV, tapi sekarang ini kan jaman nya sudah berubah, tinggal cari di di google, pilihlah contoh CV yang paling menarik, enak dibaca dan pasanglah foto anda yang paling terbaik pada CV anda supaya ketika HR melihat bisa langsung tertarik dengan anda.

3. Grooming

Ketika anda sudah mendapatkan jadwal interview, penting bagi anda yang diperhatikan adalah jam berapa interview nya, dengan siapa harus bertemunya dan pastikan alamatnya. Pastikan datang 15 menit sebelumnya, pakailah baju yang rapi dan tentunya dengan warna yang cerah, hindari warna yang gelap, selanjutnya pakailah parfum yang wanginya jangan terlalu strong dan yang perlu diperhatikan juga adalah bau mulut, pakailah sesuatu supaya tidak bau mulut mungkin dengan listerine atau semprot atau dengan permen.

4. Sell Your Self

Dalam melamar kerja itu juga seperti marketing, lakukan seperti seorang sales, sell your self tentang kelebihan, pengalaman, prestasi, kemampuan anda, jika disampaikan dengan baik, percaya saja andalah yang menjadi kandidat utamanya.

5. Relationship

Interview selesai bukan berarti anda hanya tinggal menunggu kabar dari HRD, namun tanyalah kapan akan di informasikan kabar selanjutnya dan mintalah nomor telfon HRD untuk menyakan kabar selanjutnya ketika di hari yang ditentukan belum ada kabar, semuanya itu tentunya disampaikan dengan sopan, minta ijin apakah diperbolehkan menanyakan hasilnya dengan kalimat yang baik serta intonasi yang enak didengar.

mudah-mudahan dengan 5 trik melamar kerja diatas bisa membantu ya guys,… and Good Luck 🙂

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: