Tips Berinvestasi Emas

 

Logam Mulia
Logam Mulia

Emas dianggap sebagai instrumen investasi yang bagus untuk dikoleksi secara jangka panjang (long term). Emas dinilai sebagai aset investasi aman yang tidak tergerus inflasi. Dan dianggap sebagai aset atau investasi aman (safe haven) yang diminati dunia. Namun, investasi emas tidak disarankan untuk tujuan jangka pendek karena biasanya hasilnya tidak terlalu maksimal.

Berbeda investasi property, emas sangat mudah dicairkan, setiap waktu. Anda bisa langsung menawarkannya ke toko emas atau pegadaian jika memerlukan uang. Emas batangan yang dibeli dari perusahaan , misalnya PT Antam, dapat dijual kembali ke perusahaan tersebut setiap saat, sesuai dengan harga beli yang berlaku saat itu.

Berikut adalah beberapa tips untuk berinvestasi emas :

  1. Belilah pada sumber yang terpercaya, misalnya PT Antam, bank, atau kantor Pegadaian setempat yang menyediakan jasa investasi emas.
  2. Pastikan Anda membeli sesuai harga pasar yang berlaku saat itu. Dengan demikian, uang yang Anda keluarkan benar-benar sama dengan aset yang Anda peroleh.
  3. Emas  sebaiknya disimpan sendiri. Jika harus dititipkan, sebaiknya Anda simpan di safe deposit box di bank yang Anda percayai.
  4. Apabila dimaksudkan untuk investasi, sebaiknya membeli emas batangan atau logam mulia (LM), bukan dalam bentuk emas perhiasan.
  5. Membeli emas sebaiknya harus dengan tunai, karena mencicil akan memberatkan dari sisi bunga.
  6. Usahakan untuk berinvestasi secara tetap dengan cara membeli emas dengan rutin setiap bulannya, hal ini akan membuat nilai investasi anda semakin besar dan pengalokasian dana anda dilakukan dengan maksimal.
  7. Waspadai tawaran investasi emas dari perusahaan komoditi. Sebagaimana layaknya forex, investasi emas termasuk yang diawasi oleh Bapeppti. Karena itu pastikan perusahaan yang menawarkan investasi emas terdaftar resmi di Bapeppti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). Daftar perusahaan resmi investasi emas berizin resmi dapat dicek di sini
  8. Sebaiknya hindari investasi emas dengan sistem MLM, ataupun dari perusahaan yang menawarkan harga dibawah harga pasaran atau harga PT Antam dan menawarkan imbalan tetap yang menggiurkan. Karena bagaimanapun, tidak ada yang bisa menjamin naik turunnya harga emas.

 

dari berbagai sumber

 

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: