Mahalnya Perawatan Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal
Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal termasuk dalam 49 penyakit kritis, dan termasuk dalam 5 besar penyakit mematikan selain penyakit jantung, stroke, kanker dan diabetes.

Ginjal merupakan salah satu organ penting dari tubuh yang bertugas menyaring dan membuang zat-zat sisa metabolisme tubuh. Ginjal juga berfungsi menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit dalam darah. Penyebab penyakit ginjal adalah adanya kerusakan pada organ ginjal, sehingga organ tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar. Apabila kerusakan sudah mencapai 85%, biasanya dokter akan menyarankan untuk menjalani cuci darah atau dialisis.

Cuci darah sering menjadi momok yang menakutkan. Karena cuci darah biasanya harus dilakukan seumur hidup., yang dilakukan setidaknya seminggu sekali. Mendengar kata cuci darah, tentu terbersit biaya yang mahal. Tapi sebenarnya berapa harga yang harus dibayar para penderita gagal ginjal ini untuk terus bertahan hidup? Untuk cuci darah saja, rata-rata 800 ribu – 1,5 juta sekali treatment atau Rp 50-80 juta per tahun.

Pastinya dengan biaya yang tidak sedikit akan menjadi beban bagi pasien dan juga keluarga. Salah satu solusinya adalah dengan polis asuransi kesehatan atau BPJS. Lalu, bagaimana jika penjaminan asuransi kesehatan terbatas dan BPJS juga ada kendalanya tersendiri di keterbatasan layanan ?

Saat ini, banyak lembaga-lembaga atau yayasan-yayasan yang mendedikasikan untuk membantu atau meringankan beban pasien penyakit ginjal, contohnya adalah RS Khusus Ginjal RA Habibie di Bandung dan juga Batam, yang baru diresmikan beberapa waktu lalu. Untuk pasien tidak mampu, Rumah Sakit ini memberikan pelayanannya dengan cuma-cuma.

RSKG Ny RA Habibie, merupakan rumah sakit khusus tipe C dengan pelayanan hemodialisis yang dilengkapi 60 mesin. Rumah sakit berkapasitas 360 pasien ini melayani peserta BPJS sekitar 97 persen. Seusai peresmian gedung baru ini, RSKG Ny RA Habibie akan mampu mengoperasikan 100 mesin dengan kapasitas 600 pasien.

RSKG Ny RA Habibie
RSKG Ny RA Habibie

Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, gaya hidup sehat sangat penting untuk dijadikan sebuah kebiasaan. Dengan menjaga gaya hidup sehat tidak hanya ginjal saja yang akan tetap berfungsi optimal tetapi seluruh organ tubuh lainnya akan terjaga kesehatannya. Dan juga jangan lupa untuk test kesehatan secara rutin jika anda sudah berusia lebih dari 30 tahun.

 

dari berbagai sumber

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: