5 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

manfaat kopiKopi ternyata memiliki sejumlah kandungan zat gizi baik bagi tubuh, bahkan diklaim menjadi penangkal kanker. apakah benar?. Ekstrak biji tanaman kopi inilah yang diolah menjadi bubuk kopi yang sering kita nikmati. Kopi biasanya menjadi teman dikala memulai kegiatan dipagi hari. Minuman berwarna hitam pekat ini, menyuguhkan cita rasa yang unik, tidak heran banyak orang yang menjadi pecinta kopi. Di Indonesia sendiri banyak di daerah-daerah tertentu, minuman kopi menjadi sebuah tradisi yang unik, karena di setiap daerah penghasil kopi, mempunyai rasa yang khas.

Kopi juga diketahui mempunyai manfaat untuk kesehatan. Kafein dalam kopi merupakan stimulan ringan dan memberikan efek pada sistem saraf pusat. Kafein juga efektif untuk mengurangi nyeri otot, meningkatkan kinerja atletik dan daya tahan. Konsumsi kopi dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme dan membakar kelebihan kalori.

Kenikmatan secangkir banyak orang yang mengaguminya, tapi dibalik nikmatnya kopi menyimpan beragam manfaat. Berikut 5 manfaat kopi bagi kesehatan diantaranya adalah :

 

1. Mencegah kanker

Antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.

2. Kopi menjaga kesehatan mulut

Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

3. Mengurangi resiko diabetes

Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.

4. Mencegah Parkinson dan Mengurangi resiko penyakit Alzheimer

Parkinson dan Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

5. Meningkatkan Mood

Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria ketika meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu ia juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.

 

Tips Konsumsi Kopi

  • Minum jangan berlebihan, maksimal 2 gelas 1 hari
  • Hindari minum di malam hari
  • Jangan konsumsi kopi bersamaan dengan durian
  • Jangan konsumsi kopi dengan gula berlebih
  • Usahakan kopi di minum < 3 jam setelah di buat.

Selamat menikmati kopi,.. 🙂

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: