Ngemil Kacang Tanah Ternyata Banyak Manfaatnya

Kacang Tanah
Kacang Tanah

Selama ini kacang sering dihindari, terutama oleh orang-orang yang sedang menjalani diet. Kacang juga sering dituduh menjadi penyebab jerawat dan penyakit lain. Padahal beberapa studi terbaru menunjukkan berbagai manfaat kacang tanah yang baik bagi kesehatan. Namun ternyata ngemil kacang tanah ternyata banyak manfaatnya, lho!

Menurut Kementerian Kesehatan RI, mengonsumsi 75 gram kacang-kacangan setiap hari dapat menstabilkan gula darah dan insulin. Dalam program diet rendah lemak dan kolesterol yang dipublikasikan Kementerian Kesehatan RI tahun 2011, kacang-kacangan termasuk sumber protein nabati yang dianjurkan. Kacang tanah dapat dikonsumsi langsung setelah direbus atau diolah menjadi bahan makanan lain, seperti kue, selai, permen, roti, ataupun minyak. Minyak kacang juga dinilai relatif lebih sehat dibandingkan minyak goreng pada umumnya karena mengandung kadar lemak tidak jenuh tunggal yang tinggi.

Dalam 100 gram kacang tanah terkandung 25 gram protein dan 570 kalori. Tim peneliti dari University of Florida menemukan, kacang tanah mengandung antioksidan yang dapat memproteksi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker. Uniknya, antioksidan tersebut akan meningkat kandungannya sebanyak 22% setelah dipanggang. Peneliti yang sama juga menemukan kacang tanah kaya akan polifenol.

Selain mengurangi risiko penyakit jantung, pembuluh darah, dan kanker, antioksidan polifenol dapat menurunkan risiko Alezheimer. Jika ternyata Anda atau anggota keluarga menderita alergi kacang tanah, jangan ragu mengonsumsi kacang lain.

Kacang-Kacangan
Kacang – Kacangan

Kacang tanah atau groundnut sebenarnya termasuk dalam kelompok legume dan tidak sama dengan kacang-kacangan yang berasal dari pohon atau tree nuts (misalnya : almond, kacang mete, dan kenari). Namun, karena memiliki nutrisi yang hampir sama, kesemuanya biasa dikenali sebagai kacang-kacangan (nuts). Berbagai studi mengungkapkan bahwa beberapa manfaat berbagai jenis kacang yang menjadikannya bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat.

  • Bahan ini mengandung vitamin E, asam folat, protein, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan. Kandungan nutrisi ini justru berperan mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa risiko sakit jantung pada orang yang mengonsumsi 140 gram kacang-kacangan atau lebih per minggu menurun sebanyak sekitar 35 persen.
  • Berperan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kandungan kolesterol jahat.
  • Mencegah pengerasan arteri serta membantu melebarkan pembuluh darah.

Namun, meski demikian bagi orang yang alergi terhadap kacang, terutama kacang tanah, mencium baunya dari jauh saja sudah menyebabkan sesak napas. Itu sebabnya kacang perlu dihindari oleh penderita alergi. Segala bentuk kacang tanah, baik yang alami maupun olahan, dijauhi.

 

diambil dari berbagai sumber

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

 
mau belajar bikin web ?Click Disini
%d bloggers like this: