Tips-Tips Membuka Toko Online Berbasis Web

Tips membuka toko online, toko online, online shop, cara membuat online shop, OLshop, OL shop, membuat Ol shop, hosting dan domain, hosting murah, dewa web
Tips membuka toko online

Sekarang ini, untuk berjualan tidak perlu punya toko. Lewat dunia maya pun, Anda bisa menjajakan produk. Bahkan, toko online punya banyak kelebihan ; karena tidak diperlukan membayar uang sewa ruko  dan juga membayar penjaga toko maka biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil, maka harga yang ditawarkan di toko online bisa lebih murah dari toko offline, dan calon pembeli pun bisa datang dari mana saja, tidak dibatasi dengan domisili toko online kita, jadi bisa menjangkau ke seluruh Indonesia, bahkan tidak menutup kemungkinan sampai keluar negeri.  Berikut adalah Tips-Tips Membuka Toko Online Berbasis Web :

1. Memilih “Tempat”

  •  Gratisan Ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas gratisan seperti blogger.com (blogspot), weebly.com, wordpress.com. Pada awalnya, fasilitas gratis ini adalah tempat kegiatan blogging pada umumnya seperti berbagi cerita dan foto. Namun, dalam perjalanannya, dimanfaatkan untuk kegiatan jualan. Memakai fasilitas ini cenderung mudah, bahkan sudah tersedia template tampilan yang lumayan banyak dan menarik.
  • Berbayar Kini sudah banyak penyedia layanan toko online dengan sewa mulai beberpa ratus ribu per tahun. Harga tersebut sudah termasuk pembelian nama domain serta hosting selama setahun serta pelatihan maintenance. Dengan memakai layanan ini, toko online kita lebih serius dengan memakai alamat dan tampilan sesuai yang kita inginkan.

2. Pilihlah nama domain dengan kata kunci yang gampang diingat dari jualan toko online Anda. Dengan memakai kata kunci ini, toko online kita gampang ditemui oleh pengunjung melalui mesin pencari (search engine). Misalnya saja, Anda menawarkan produk buku tulis, pilih saja nama misalnya www.bukutulis.com.

3. Buatlah aturan dan tata cara belanja secara jelas dan mudah dipahami oleh calon pembeli seperti aturan pemesanan, pembayaran, dan pengiriman.

4.  Pasanglah alamat Anda, email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi dengan jelas. Bila perlu, pasang foto Anda untuk lebih meyakinkan.

5. Pilihlah rekening bank yang memiliki jaringan nasional dan daftarkan rekening pembayaran toko Anda dengan fasilitas internet banking untuk memudahkan kontrol pembayaran dari pembeli produk Anda.

6. Pengiriman,  kemas barang pesanan dengan memperhatikan segi keamananan. Pastikan barang tidak rusak sampai tujuan. Pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya dan murah. Simpan nota/resi pengiriman untuk kontrol pengiriman.

CARA MENINGKATKAN PENGUNJUNG & PEMBELI

  1. Lakukan promosi online melalui media-media iklan baris baik yang gratis maupun berbayar. Kita juga menggunakan FB, FansPage, Path ataupun Instagram untuk bisa mendatangkan traffic.
  2. Foto salah satu elemen yang penting dalam mendatangkan pengunjung, buatlah foto barang dagangan anda semenarik mungkin, usahakan foto yang di display adalah real pic atau foto hasil jepretan sendiri, bukan mengambil dari sumber lain.
  3. Bertukar link banner atau link dengan sesama toko online.
  4. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas online.
  5. Lakukan promosi offline dengan memanfaatkan kendaraan Anda atau teman, seragam kerja karyawan, kop surat, amplop, nota, kartu nama, hadiah/souvenir, dll. dengan memasang nama toko online Anda.
  6. Berikan pengetahuan produk serta deskripsi produk dengan detail, jelas dan meyakinkan pengunjung untuk membeli.
  7. Berikan penawaran-penawaran yang menarik seperti potongan harga, hadiah, dll.

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: