Bagaimana Cara Mendapatkan Ide Untuk Menulis

bagai cara menulis, ide untuk menulis, bagaimana cara menemukan ide, how to write, menulis itu funMenulis ….

Buat beberapa orang menulis bukanlah satu hal yang menyenangkan atau mudah, meskipun orang tersebut sebenenar nya pintar bercerita secara verbal.

Tapi bagi beberapa orang, menulis adalah satu hal yang sangat menyenangkan, satu hal yang fun, karena dengan tulisan ia bisa mencurahkan ide-idenya, kreatifitas dan juga pendapat yang mungkin tidak dapat ia ungkapan dengan kata-kata. Bagi saya ….yang memang memfavoritkan pelajaran bahasa indonesia sejak SMP ( hehehehe ) …menulis adalah somekind of way to have fun …if I might say :)).

Namun, sebenernya banyak juga orang yang ingin mulai menulis, tapi ga tau mesti menulis apa. Lalu muncul pertanyaan gimana caranya saya bisa mendapatkan ide untuk menulis ?

Saya punya beberapa hal yang bisa saya bagikan, ini sih hanya menurut pengalaman saya saja, bukan merujuk ke buku-buku ” how to ” yang banyak juga kita bisa jumpai di toko-toko buku terdekat 🙂

  1.  Mulai dengan membiasakan diri. Buka laptop , hp atau apapun media yang bisa kita jadikan media untukk menulis, setiap hari, tulis mulai beberapa kata, dan bikin paragraf pendek
  2. Lupakan aturan baku. Untuk pertama kali mencoba nulis, jangan abaikan dulu aturan-aturan baku, menulis saja dulu.
  3. Bersikap seolah bercerita pada diri sendiri, menulis sesuai dengan hati.
  4. Banyak membaca. Nah…ini sih wajib menurut saya, dengan membaca kita akan makin mencintai tulisan, dan juga secara tidak langsung juga kita belajar tentang menulis, dan tambah pengetahuan juga kan.
  5. Memperhatikan sekitar. Bukan kepo ya …maksudnya jika kita perhatikan hal-hal yang terjadi di sekitar kita, pasti kita akan menemukan ide-ide untuk kita tulis.
  6. Ikut komunitas menulis. Banyak nih komunitas-komunitas , dan juga grup-grup di FB yang anggotanya adalah orang-orang yang suka nulis . contoh : IIDN ( Ib-ibu Doyan Nulis )
  7. Cari tempat yang nyaman. Ini penting, seperti ada tertulis…tempat menentukan prestasi :D. Kalau saya suka banget cari tempat ngopi yang sepi, ambil tempat di pojokan dimana saya bisa dengan bebas memperhatikan sekitar saya ( lahh…ini mau nulis atau mau jadi detektif  ??! ) …ya pokoknya cari tempat yang membuat kamu nyaman lah ya .
  8. Pokoknya mulai nulis!!

Nah…itu tadi beberapa tips dari saya Bagaimana Cara Mendapatkan Ide Untuk MenulisDan ngomong-ngomong tentang menulis, ini juga jadi tulisan pertama saya sejak vakum di blog ini selama hampir 2 tahun ( opppssss !! ), karena kesibukan 8 to 5 alias kantoran yang menyita waktu …hehehe.

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

One thought on “Bagaimana Cara Mendapatkan Ide Untuk Menulis

%d bloggers like this: