Mike Mann, “Makelar” di Balik Domain Jokowi.com

jokowicomKabar soal nama domain www.jokowi.com yang dijual dengan harga Rp1,1 miliar kian menggelitik untuk disimak. Berdasarkan penelusuran suara.com, ternyata situs penjual jokowi.com dimiliki oleh seorang “makelar” yang sudah lama berkecimpung di dunia penjualan domain.

Mike Mann, itulah nama sang pemilik DomainMarket.com, situs penjual domain jokowi.com. Sebutan “makelar” rasanya tidak berlebihan, karena berdasarkan informasi yang dilansir CNET, Mike memang gemar membeli domain untuk dijual kembali.

Mike Mann, kini 47 tahun, bukanlah pemain baru di dunia digital. Lelaki asal Delaware, Amerika Serikat ini sudah gemar membeli nama domain sejak akhir era 90an. Awalnya, ia mendirikan sebuah perusahaan penyedia layanan internet (ISP) bernama Internet Interstate pada tahun 1994. Pada suatu hari di tahun 1998, alangkah terkejutnya dia, ketika sebuah domainnya, Menus.com, laku terjual hingga 25.000 Dolar, atau senilai Rp283 juta dalam kurs saat ini. Tak sampai di situ keberuntungannya. Di kemudian hari, salah satu domainnya yang lain ditawar hingga 50.000 Dolar, atau Rp566 juta.

“Padahal, saya hanya membelinya 70 Dolar (Rp800.000),” kata lelaki yang gemar mengenakan kacamata hitam itu.

“Hari berikutnya, saya langsung berbisnis jual beli domain,” katanya mantap.

Dalam satu hari, Mann bisa membeli hingga 14.962 domain. Dengan intuisinya sebagai spekulator domain, dirinya menciptakan sendiri nama-nama yang dia beli. Soal nama jokowi.com, belum diketahui pasti dari mana Mann memperolehnya. Entah nama tersebut ia beli dari orang atau penjual domain lain, atau sengaja dia buat sendiri karena tahu sosok Jokowi yang fenomenal.

Tapi Mike Mann bukanlah orang yang melulu berorientasi pada profit. Berdasarkan informasi yang terpampang pada profil situsnya, MikeMann.com, Mike juga mendirikan Grassroots.org, sebuah jaringan global yang menyediakan layanan gratis untuk mempromosikan aksi sosial. Mike juga mendirikan Make Change! Trust, badan yang memberi suntikan dana bagi organisasi non profit. (CNET, MikeMann.com, MakeChangeTrust.org).

taken fr : suara.com

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

 
mau belajar bikin web ?Click Disini
%d bloggers like this: