Jantung Bermasalah Bisa Ketahuan dari Keluhan Ringan Ini

image

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan, sebab fungsi jantung adalah memompa darah agar organ-organ lain bisa berfungsi dengan baik. Namun kadang-kadang, gangguan pada jantung sering dikira cuma keluhan ringan.

Beberapa keluhan ringan yang sering diabaikan padahal bisa menunjukkan gejala gangguan jantung adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari MSN Health, Selasa (24/7/2012).

1. Laki-laki susah ereksi

Berbagai problem seksual pada laki-laki umumnya berhubungan dengan masalah di pembuluh darah, termasuk disfungsi ereksi atau lemah syahwat. Gangguan pada pembuluh darah, baik berupa penyumbatan atau penyempitan sering menunjukkan gejala awal penyakit jantung yang progresif atau akan terus memburuk.

Bukan cuma pada laki-laki, problem seksual yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah juga dialami oleh perempuan. Biasanya dicirikan dengan berkurangnya gairah seksual, serta kesulitan mencapai orgasme.

2. Ngorok atau mendengkur

Penelitian membuktikan, orang yang tidurnya ngorok punya risiko 3 kali lebih tinggi untuk meninggal karena serangan jantung dalam 5 tahun berikutnya. Pasalnya, ngorok berhubungan juga dengan risiko sleep apnea atau henti napas saat tidur. Terhentinya pernapasan membuat suplai oksigen berkruang, sehingga memicu kerusakan jaringan di berbagai organ termasuk jantung.

3. Gusi bengkak dan berdarah

Tidak selamanya gusi berdarah hanya sebatas masalah periodontal atau gigi dan mulut, ada kalanya juga menunjukkan gejala awal penyakit jantung. Para ahli meyakini, salah satu penyebab infeksi dan gusi berdarah adalah sirkulasi darah yang tidak lancar di daerah tersebut. Apapun yang berhubungan dengan sirkulasi darah, ujungnya tetap ke jantung sebagai pompanya.

4. Bengkak di kaki

Saat sandal dan sepatu mendadak terasa makin sempit, itu berarti kaki mengalami edema atau penumpukan cairan. Kadang-kadang, gejala ini juga menunjukkan adanya penyakit jantung koroner, gagal jantung dan berbagai gangguan sirkulasi darah yang lain.

5. Denyut jantung tidak teratur

Jantung berdebar-debar tidak karuan tanpa sebab yang jelas tidak selalu berarti grogi, bisa juga menandakan aritmia atau ketidakteraturan denyut jantung yang merupakan gejala umum pada penyakit jantung koroner. Penyakit ini sewaktu-waktu bisa memicu stroke dan serangan jantung.

6. Nyeri dada atau bahu

Angina pectoris atau sejenis keluhan nyeri dada adalah tanda-tanda spesifik pada penyakit jantung koroner. Berbeda dengan nyeri dada pada serangan jantung yang rasanya seperti ditusuk atau diremas, sensasi nyeri pada angina pectoris biasanya lebih mirip seperti ditekan benda berat. Tidak cuma di bagian dada, nyerinya juga sering terasa hingga bahu dan leher.

7. Sesak napas

Menurut penelitian di jurnal Circulation: Journal of the American Heart Institute, 95 persen perempuan yang terkena serangan jantung merasakan gejala yang tidak biasa pada pekan-pekan sebelumnya. Salah satu gejala yang paling umum adalah sesak napas, yang dialami 40 persen pasien.
( up/ir )

Taken fr : detik.com

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

%d bloggers like this: