Ketika Dokter Beristri Itu Harus Menyematkan Cincin ke Pasien yang Telah Bersuami

“Sering nyeri dada dan sesak kalau jalan jauh atau olah raga berat. Juga kalau banyak pikiran, dok.”Kata ibu umur 46 tahun yang wanita karir sukses serta sibuknya gak ketulungan.

“Merokok, buk?”Tanya si dokter.

“Sesekali, dok. Kalau bertemu client.”Katanya.

“Sehari ketemu clientnya banyak ya?”

“Tiga sampai tujuh.”

Termasuk sering juga dong nih ibu merokoknya.

Lalu setelah serangkaian pemeriksaan rekam jantung, laboratorium dan uji tes jantung (treatmill test), disimpulkan ada penyumbatan jantung di beberapa tempat, yang mengganggu jika aktifitas berat.

“Bisa dilebarin lagi gak dok sumbatannya?Anak saya masih kecil-kecil dua orang, saya telat nikah.”Si ibu sedih membayangkan anaknya yang baru umur 11 dan 9 tahun. Sementara suaminya, 49 tahun masih segar dan ganteng. Gak tega dia anak-anaknya punya ibu tiri sekecil itu.

“Ada pemeriksaan yang namanya kateterisasi jantung dulu, buk. Kami memeriksa jantung ibu dari sebuah kawat yang ditusukkan dari pembuluh darah di paha yang sampai ke jantung, lalu disemprotkan zat pewarna kontras, sehingga dapat difoto pembuluh darah yang tersumbat.”Jelas si dokter jantung.

Si ibu pun setuju dan dilaksanakanlah kateterisasi jantung yang biayanya sekitar 6-10 jutaan.

“Bagaimana sumbatan di jantung saya dok?Bisa dilebarkan?”Tanya si ibu 3 hari setelah kateterisasi.

“Ya, ada sumbatan di dua titik pembuluh darah jantung. Ibu akan dilakukan pemasangan cincin di kedua titik itu, setelah sebelumnya dilebarkan dengan balon, nama tindakannya angioplasty.”

“Jadi dokter lelaki kedua yang memasangkan cincin kepada saya dong, dok?”Si ibu bercanda menghibur diri.

“Ya, dan sekaligus dua. Tapi bukan di jari, di pembuluh darah koroner jantung, hehehe..”

Dan hari yang ditunggu pun tiba, si ibu dilakukan pemasangan cincin atau stent di dua pembuluh darah jantungnya. Harga satu cincin bervariasi tergantung besar dan jenisnya, rata-rata 20-40 an juta (belum termasuk biaya ruang operasi dan dokter serta obat-obatan).

Prosesnya secara skematik dapat dilihat di gambar di bawah ini. Kawat kateter yang sudah dititipin balon dan cincin dimasukkan ke pembuluh darah sela paha lalu didorong terus sampai ke jantung dan menuju ke pembuluh darah koroner yang menyempit. Setelah tepat ditengah pembuluh darah, lalu balon dilebarkan. Setelah pembuluh darah melebar disertai cincin yang menyanggahnya, maka balon dikecilkan lagi dan ditarik keluar.Tinggallah cincin menjadi penyanggah pembuluh darah yang sudah melebar.

“Terima kasih dok. Nyeri dadanya sudah jauh berkurang. Kualitas hidup saya membaik.”Kata si ibu sebulan setelah penyematan cincin di jantungnya dilakukan.

“Jangan lupa tetap kontrol dan makan obat pengencer darah ya bu. Dan usahakan tetap tidak merokok, kalau perlu cari client hanya yang tidak merokok saja, hehehehe.”

“Tentu saya akan selalu kontrol teratur dengan dokter. Karena bagaimana pun dokter telah menyematkan sekaligus dua cincin pada saya.”Si ibu pun permisi berlalu dan si dokter pun termangu.

Tindakan angioplasty ini sudah banyak dilakukan oleh dokter spesialis jantung konsultan dan dokter penyakit dalam konsultan jantung. Di Palembang pun sudah bisa.Total biaya kalau satu cincin bisa 30 an juta, kalau 3 ya kalikan saja.

Ini dilakukan jika sumbatannya 1-3 dan kondisi pasien masih relatif baik. Jika sudah lebih 3 tempat biasanya sudah indikasi bedah jantung dengan menggantikan pembuluh darah jantung dengan pembuluh darah dari kaki. Ini biayanya bisa 200 an juta.

Nah, harga yang mahal itu sebagai bonus dari harga rokok, makanan berlemak tak sehat dan kurangnya kita olah raga. Kalau bisa ya hindarilah.

Semoga bermanfaat!

Salam anti pasang cincin yang kedua dan seterusnya!

taken fr kompasiana.com

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

 
mau belajar bikin web ?Click Disini
%d bloggers like this: