Perawatan Ekstra Untuk Kehamilan Kembar

Bagi Anda yang tengah mengandung jabang bayi, kami tahu betapa perasaan Anda tengah berkecamuk saat ini. Apalagi jika Anda tengah mengandung dua bayi sekaligus alias kembar, selain merasa bahagia Anda tentu merasa was-was, lantaran kehamilan kembar jauh lebih berisiko dibanding kehamilan biasa.

Pada wanita yang hamil kembar, kenaikan berat banding sangat penting untuk pertumbuhan kesehatan pada janin. Itulah mengapa wanita dengan kehamilan kembar harus mengasup makanan ekstra dibanding wanita dengan kehamilan biasa.

Jika berat badan wanita hamil tidak memadai, maka janin kembar cenderung dilahirkan prematur dan memiliki berat badan rendah yakni kurang dari 2500 gram. Karena ukurannya yang kecil, mereka rentan terhadap serangan penyakit sesudah lahir, begitu pula dengan perkembangan mereka  yang lebih lambat daripada bayi tunggal.

Untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan janin dapat diketahui dari perubahan berat badan ibu selama awal, pertengahan, dan akhir kehamilan. Bayi kembar yang ibunya mempunyai berat badan rendah akan bertambah 2,5 kilogram pada minggu ke-20; 6,5 kilogram pada minggu ke-28; dan 12,5 kilogram pada minggu ke-36.

Sedangkan bayi kembar yang ibunya mempunyai berat badan sedang naik 7,5 kilogram pada minggu ke-20; bertambah 5 kilogram pada minggu ke-28; dan bertambah menjadi 19 kilogram pada minggu 36. Itulah mengapa kenaikan berat badan wanita hamil kembar selama dua trimester pertama mempunyai dampak besar yang menentukan berat badan waktu lahir.

Oleh sebab itu, terapi nutrisi harus diterapkan bagi semua wanita yang hamil kembar. Ini juga berlaku untuk semua wanita dengan segala berat badan untuk membantu memastikan pertumbuhan janin optimal dan berat badan lahir lebih tinggi.

Perbanyak makanan yang mengandung protein dan makanlah lebih sering—namun dengan porsi lebih sedikit—karena kebutuhan zat besi pada ibu hamil kembar lebih besar untuk mencukupi kebutuhan 2 janin.

Selain memastikan bahwa nutrisi yang Anda asup sudah memenuhi kebutuhan Anda, hal lain yang perlu Anda lakukan adalah mengontrol kehamilan lebih sering dari biasanya—kira-kira pada usia kehamilan 24 minggu dianjurkan tiap 2 minggu sekali, dan seminggu sekali di saat kehamilan mencapai 36 minggu.

Setelah usia kehamilan 30 minggu, penting bagi Anda untuk tidak bepergian jauh dan berhubungan intim.

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

0 thoughts on “Perawatan Ekstra Untuk Kehamilan Kembar

  • September 20, 2010 at 11:36 am
    Permalink

    Mbak Angel, pertama2 salam kenal dr saya.
    saya diajak teman utk usaha ternak Lele !, dr proposal dan Teori yg mbak banyak kemukakan USAHA TERNAK LELE menjanjikan keuntungan.

    Dari teman yg sudah mencobanya : dia bilang tdk ada untung nya. !.alasan PAKAN nya mahal, dan Resiko2 lain.

    Okelah saya akan tetap coba Usaha ini, YANG saya TANYAKAN pd Mbak : berapa banyak BENIH lele/Produksi berapa banyak ? agar didapat keuntungan yg OPTIMAL.

    demikian pertanyaan saya ini, tolong jawaban nya ya Mbak, terima Kasih.

    Suhartono.
    Jkarta 20 Sept 2010

%d bloggers like this: