China Pesan Satu Juta Ton Arang Batok

Salah satu perusahaan China memesan 1 juta ton arang batok dari pelaku usaha kecil dan menengah Indonesia. Inilah saatnya UKM menangkap peluang dengan bersatu padu memenuhi permintaan yang nilainya bisa mencapai sekitar Rp 2,7 triliun.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi di Jakarta, Senin (9/8/2010), atas hasil Forum Bisnis Indonesia-China yang diselenggarakan di Shanghai dan Nanjing pada 26-31 Juli.

Sofjan mengatakan, ”Perspektif Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN-China selama ini hanya memperlihatkan prospek peluang bisnis bagi industri besar. Sementara sektor UKM selalu dipandang lemah. Inilah saatnya membuktikan UKM Indonesia bisa berkontribusi memenuhi kebutuhan China.”

Lusi Efriani, pengusaha arang batok coconut shell charcoal di Batam, mengatakan, ”Ini adalah peluang sangat besar. Saya tidak bisa sendirian memenuhi order ini. Butuh kerja sama antardaerah. Apalagi, perusahaan China itu bukan hanya meminta arang batok asalan, tetapi juga menantang untuk bisa memenuhi kebutuhan permintaan activated carbon sebanyak satu juta ton.”

Menurut Lusi, pihaknya hanya mampu memasok sekitar 300 ton per bulan. Karena itu, untuk memenuhi order tersebut, dirinya siap melakukan pelatihan dan mengajak semua pelaku usaha di Indonesia memenuhi pesanan tersebut.

Dalam hitung-hitungan Lusi, pesanan satu juta ton arang batok yang hanya diproduksi dengan teknologi sederhana mampu membuka lapangan kerja sebanyak 300.000 orang.

Selain arang batok, hasil temu bisnis itu juga menghasilkan pesanan, antara lain, garmen untuk kelas menengah ke atas dan pernak-pernik kerajinan, serta aneka makanan dan minuman. (OSA)

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

One thought on “China Pesan Satu Juta Ton Arang Batok

  • July 31, 2012 at 3:04 pm
    Permalink

    bagaimana saya bisa bergabung dalam kerjasama suplyy produk areng batok kelapa ke cina?
    call me : 087871179704. trimakasih

%d bloggers like this: