Kebutuhan Belut Disuplai Jatim dan Jateng

Pasokan belut di DIY masih tergantung suplai dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pembudidaya di DIY terus berupaya agar sukses.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian Sleman Suparmono mengatakan bahwa membudidayakan belut tidak mudah. “Di pusat pun teknologi terapan budidayanya belum ditemukan. Padahal, potensi pemasaran belut besar,” katanya, kemarin.

Sleman pernah mendatangkan belut rawa dari Lampung. Namun, jenis tersebut tidak cocok untuk belut goreng karena ukuran terlalu besar. Belut terbilang susah dibudidayakan karena butuh area luas dan kaya bahan organik. Sifat kanibal belut juga menjadi penghambat. Meskipun demikian, upaya budidaya terus diupayakan.

Menurut Suparmono, serangkaian budidaya yang pernah dilakukan gagal. Budidaya belut yang dinilai berhasil adalah di daerah Lebak, Banten. Di sana, belut dibudidayakan di sawah luas yang sekelilingnya dipasangi jaring.

“Cara budidaya di Lebak akan kami coba di Sleman tahun depan. Belut menghendaki tempat hidup yang luas dan subur, seperti sawah. Yang pasti belut sangat kanibal sehingga jika ditaruh di media budidaya terbatas akan saling memakan,” katanya.

Tri Utari (40), pembuat kripik dan peyek belut di Dusun Sukunan, Gamping, mengatakan, tidak setiap hari ia dikirimi belut. Padahal, ia hanya membutuhkan 6 kilogram belut per hari.

Ia dipasok belut dari petani-petani sekitar desanya. Belut-belut itu didapat dari menangkap (nyuluh) di sawah pada malam hari. Belut bukan hasil budidaya.

Suplai sering kali tidak pasti karena karakter muncul yang khusus. Begitu pula musim kembang biaknya.

“Belut hanya muncul saat malam benar-benar gelap. Jika sedikit terang, apalagi bulan purnama, belut bersembunyi. Musim kemarau juga bukan musimnya belut beranak pinak,” paparnya.

Sragen dan Ngawi

Menurut Suparmono, belut-belut di Sleman banyak didatangkan dari daerah terangga, terutama dari Sragen, Jawa Tengah, dan Ngawi, Jawa Timur. Dua daerah itu masih banyak sawahnya dan tanahnya gembur.

Biasanya, ada pedagang pengepul di Klaten yang mengirimnya ke Yogyakarta. Di Yogyakarta, kiriman itu laris.

Kebutuhan pasar akan belut memang tinggi. Yanti, pedagang belut goreng di Pasar Godean, mengaku membutuhkan 100 kilogram belut per hari.

Menurut dia, belut-belut itu dipasok pedagang dari Klaten dan Bojonegoro dengan harga sekitar Rp 20.000 per kilogram. (PRA)

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

8 thoughts on “Kebutuhan Belut Disuplai Jatim dan Jateng

  • September 20, 2010 at 12:41 pm
    Permalink

    sedia belut untuk bahan baku kripik belut….jg menyediakan belut konsumsi….bs dlm jumlah besar…hub mas dedy…085649904490/ 081234042468….nganjuk jatim…trmksh ….smg bermnfaat

  • January 16, 2011 at 2:16 pm
    Permalink

    butuh belut sawah dalam jumlah berapapun hub. 085727708225 wilayah JATENG dan sekitarnya.

  • April 9, 2011 at 9:15 pm
    Permalink

    sy sedia belut silahkan bg yg berminat hub sy….03178004910……082140947796.

  • May 4, 2011 at 11:08 pm
    Permalink

    saya ingin megembang biakan belut di batam bagaimana caranya , tolong dong berbagi pengalaman

  • November 11, 2011 at 9:30 am
    Permalink

    saya ada belut untuk kripik dan konsumsi yang membutuhkan hub 085853767617 / 0354 7067617 . ahid

  • October 3, 2012 at 12:24 am
    Permalink

    JUAL BIBIT BELUT

    Kami petani belut dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual benih belut berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit belut yang kami hasilkan adalah benih belut berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik benih belut hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :

    Komoditi : Belut
    Asal : Budidaya alam
    Kolam : Media air terfermentasi
    Pengemasan : Dalam kotak styrofoam dg suhu terkontrol, tahan sampai 20 jam.
    Tujuan : Kalimantan,Papua,Bali,NTB,NTT,Sulawesi,Maluku,Sumatra

    Kapasitas pengiriman :
    BOBOT : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    3 Kg ( 5 cm) : 3000 Ekor
    12 Kg (10 cm) : 1500 Ekor

    Untuk informasi harga murah berkualitas dan konsultasi teknik budidaya silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.ubenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di UD.Nabila Farm Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS). Kami memberikan garansi bibit belut selamat sampai ke tujuan.
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

 
mau belajar bikin web ?Click Disini
%d bloggers like this: