Mekarsari Kuasai Teknologi Budidaya Melon Kotak

melonkotakTaman Wisata Mekarsari, yang merupakan taman wisata dengan koleksi buah tropis berhasil menemukan teknologi budi daya melon kotak (Cucumis melo). General Manager Taman Wisata Mekar Sari, Hari Tanjung, mengatakan, temuan ini merupakan simbol bahwa Mekarsari sebagai pusat penelitian buah tropis akan terus menghasilkan temuan-temuan barunya di bidang pertanian.

“Tamansari juga siap membagikan temuanya yang baru itu kepada masyarakat luas,” kata Hari kepada 33 finalis Miss Indonesia 2009, di Tamansari, Senin (1/6).

Selain itu, tim ahli tanaman di Taman Mekarsari sebelumnya juga telah menemukan banyak temuan-temuan baru di bidang tanaman dan buah-buahan.
Di antaranya, berhasil membidani temuan baru seperti nangkadak silangan antara nangka dan cempedak, jambu air citra, dan jambu biji tanpa biji.

Kepala Divisi Pengembangan Proyek Khusus, PT Mekar Sari, DR. Moh Reza Tirtawinata, mengatakan, keberhasilan ahli-ahli Mekarsari membidani melon kotak itu lebih baik dari semangka kotak yang dikembangkan Jepang.

“Karena semangka tersebut kurang manis, tidak seperti aslinya, sehingga ada sifat semangka yang hilang,” katanya. Sedangkan melon kotak tetap memiliki rasa manis dan renyah seperti aslinya.

Harga buah melon kotak juga punya nilai ekonomi tinggi. Untuk melon biasa seharga Rp 15.000/kg, tetapi melon kotak harganya mencapai Rp150.000 per buah. Menurut dia, teknologi merubah bentuk melon tersebut akan disampaikan kepada masyarakat, terutama petani agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.

“Dalam merubah satu melon berbentuk kotak, diperlukan dua sampai tiga kali pergantian kotak untuk menyesuaikan berat dan besar melon, tidak langsung berhasil,” katanya.

[taken from kompas]

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

4 thoughts on “Mekarsari Kuasai Teknologi Budidaya Melon Kotak

  • December 3, 2009 at 3:37 pm
    Permalink

    aku boleh minta benih nya nga?
    aku pengen banget bergelut di bidang ini.

  • June 28, 2010 at 4:15 pm
    Permalink

    mohon pentunjuk, cara budidaya, mendapatkan bibit, pupuk yag tepat utk pertumbuhan tanaman Melon, terima kasih

  • January 17, 2011 at 10:16 pm
    Permalink

    aku berminat tuk belajar budi daya melon kotak. bisa dapat alamat tempat pelatihannya ga yah? kalau ada tolong dong email ke aku.

  • March 14, 2011 at 12:32 pm
    Permalink

    Maaf,saya saat ini bergerak dalam agribisnis.smentara sya budidaya jamur tiram.
    saya sangat ingin belajar budidaya melon kotak,lokasi saya di Kota kraksaan Kab. Probolinggo Jawa Timur.
    mohon petunjuk bagmn sya budidaya melon kotak ini.
    trimakasih sbelumx.

%d bloggers like this: