Bisa Dipanen Tiap Saat, Kebun Mangga Off Season Makin Luas

mangga off season dua kali lipat dari harga saat panen raya. Contohnya, saat panen raya, harga mangga gedong gincu yang matang pohon Rp 12.500-Rp 15.000 per kilogram, sedangkan harga saat panen di luar musim mencapai Rp 25.000 per kg.

“Petani sekarang sudah pandai. Mereka tahu keuntungan panen off season lebih besar, sehingga bertahap luas kebun off season meningkat,” ujar Herman, Kamis (28/5). Jenis mangga yang dibudidayakan pada lahan-lahan yang sudah bisa panen luar musim adalah gedong gincu, cengkir, dan arum manis.

Beberapa wilayah sentra mangga di Cirebon yang telah menerapkan pembudidayaan panen luar musim adalah di Kecamatan Sedong, Greged, Astanajapura, dan Beber. Lahan terluas yang telah menerapkan off season adalah di Kecamatan Sedong, diperkirakan mencapai 50 ha.

Sementara itu, menurut Haeudin (45), petani mangga gedong gincu di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, jumlah petani mangga yang tertarik membudidayakan mangga off season makin banyak. Tahun lalu, hanya seorang, tahun ini bertambah empat orang. Sebab, keuntungan panen meningkat, karena dalam setahun pohon mangga bisa panen dua kali. Perbandingannya, jika tahun lalu satu pohon produktivitasnya hanya 25 kg, kini naik menjadi 37 kg per pohon.

Akan tetapi, tidak semua pohon bisa dioptimalkan untuk panen di luar musim, karena kualitas dan perawatan pohon mangganya harus prima. Dari 100 pohon mangga, yang dapat panen di luar musim saat ini baru 30 pohon. Selain itu, petani mangga juga butuh modal yang besar. “Biasanya ongkos produksi satu pohon hanya Rp 50.000 per musim (tahun), jika ingin panen off season ongkos produksinya sekitar Rp 200.000 per pohon,” tambah Haerudin.

kompas.com
bukumemproduksibuahdluarmusim
Buku ini membahas Teknik pembungaan dan pembuahan di luar musim yang diuraikan dalam buku ini dapat dipraktikkan dengan mudah, bukan hanya pada kebun buah skala komersial, tetapi juga pada kebun skala kecil, pohon buah yang dibudidayakan oleh pehobi, dan juga pada tanaman buah pot (tabulapot)
Please follow and like us:

kiki

Passionate to Marketing, an Internet Marketing Enthusiast. Learning all things about writings, market research and digital marketing. I'm a believer that just want to share everthing about inspiring and fun things around me. So, lets learn together. " sometimes we win, and sometimes we learn "

3 thoughts on “Bisa Dipanen Tiap Saat, Kebun Mangga Off Season Makin Luas

  • September 22, 2009 at 8:24 am
    Permalink

    1. gimana caranya agar mangga dapat di panen secara bertahap(agar tiap bulannya dapat dipanen)?
    2. kiat apa yang dapat dilakukan untuk dapat menghasilkan buah mangga berbuah lebat dan sehat walaupun menggunakan cara tabulampot

  • March 20, 2010 at 8:13 pm
    Permalink

    Sangat bagus dengan adanya jenis mangga unggulan guna meningkatkan para petani mangga. Bibit jenis mangga of seson bisa diperoleh dimana dan harganya berapa? Mochammad Romdhon Hp 081315308499 dan email : mochammadromdhon@yahoo.com

 
mau belajar bikin web ?Click Disini

Enjoy this blog? Please spread the word :)

%d bloggers like this: